Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Arsitektur Android


Arsitektur Android
Kali ini saya akan membahas bagan-bagan arsitektur android bekerja setelah kemarin  membahas fitur fitur android secara dasar. Agar lebih muda memahami bagaimana android bekerja, berikut bagian bagian dan tingkatan android.
Secara garis besar android terbagi menjadi lima tingkatan :


  • Linux Kernel – adalah kernel dasar android. Tingkat ini berisi semua driver perangkat tingkat rendah untuk komponen-komponen hardware perangkat android.
  • Libraries – berisi semua kode program yang menyediakan layanan-layanan utama sistem operasi android. Sebagai contoh library SQLite yang menyediakan dukungan database sehingga aplikasi android dapat menggunakannya untuk dapat menyimpan data. Library Webkit yang menyediakan fungsi browsing web dan lain lain.
  • Android Runtime – kedudukannya setingkat dengan librares, androidruntime menyediakan kumpulan pustaka inti yang dapat di aktifkan oleh pengembanguntuk menulis kode aplikasi android dengan bahasa pemograman java. Dalvik virtual machineaktif setiap kali aplikasi android berproses (aplikasi android di komplikasi menjadi dalvik executable). Dalvik adalam mesin semu yang dirancang khusus untuk android yang dapat mengoptimalkan daya batterai perangkat bergerak dengan memori dan CPU terbatas.
  • Aplikation framework – adalah semacam kumpulan class built-in yang tertanam dalam sistem operasi android sehingg pengembang dapat memanfaatkannya  untuk aplikasi yang sedang di bangun.
  •  Aplikations – pada tingkat ini kita akan bekerja, contoh aplikasi ini banyak ditemui seperti : phone, contact, browse, dan lain-lain.  
Seperti aplikasi android pada umumnya yang dapat di-download dan di-install dari market android. Semua aplikasi yang anda buat terletak pada tingkatan aplikations.