Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Definisi Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan . Dalam rangka menciptaan model – model pembelajaran yang inovatif, maka pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangatlah berperan untuk peningkatan mutu peserta didik, Namun demikian perkembangan pembelajaran berbasisi multimedia dengan menggunakan animasi dalam peningkatan mutu generasi muda haruslah terimbangi dengan pendidikan dini generasi berkarakter.

Banyak yang sudah sadar, Pendidikan di Indonesia hanya mencetak pengangguran tanpa bisa berkompetisi atau menciptakan lapangan kerja. Ini sebuah kemubaziran dari kucuran trilyunan dana masyarakat dan pemerintah (Djati Indra 2003). Maka dari itu perkembangan ilmu pengetahuan apalagi perkembangan Teknologi Informasi perlu di imbangi dengan iman dan karakter generasi muda yang mencerminkan kepribadian tang mantab dan tangguh terhadap kemajuan apapun yang berkaitan dengan pembelajaran . Dalam rangka pengembangan ilmu pembelajaran “ belajar itu mencari apa?, pengetahuan, keterampilan, teknik, sikap, atau pengalaman itu semua perlu proses dan media pembelajaran yang berkembang pada anak usia dini sekarang ini.

Dengan mempelajari pekembangan ilmu yang sekarang ini berkembang apalagi ilmu yang berbasisi multimedia dengan menggunakan animasi sangat berperan dalam belajar untuk meningkatkan kecerdasan Kecerdasan Linguistik: kecerdasan kata-kataLogika-matematika: kecerdasan nomor & sebab-akibat Spasial: kecerdasan image & gambar-gambar Musikal: kecerdasan tone, thythm, dan timbrenterpersonal: kecerdasan memahami social Intrapersonal: kecerdasan memahami diri sendiri.
PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 
Beberapa ahli menyatakan: 

  • Wittrock,  perkembangan anak berkaitan dengan perkembangan struktur otak yang sangat penting untuk pengembangan kapasitas berpikir manusia.
  • Jean Piaget, mengemukakan anak belajar melalui interaksi dengan lingkungannya dan guru berperan sebagai fasilitator.
  • Lev Vigostsky, meyakini pengalaman interaksi sosial sangat penting bagi perkembangan proses berpikir anak.
  • Howard Gardner, menyatakan tentang kecerdasan jamak dalam perkembangan manusia.