Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Jenis Contoh dan Macam Kacang Kacangan

Ruang Blog Kacang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh karena mengandung beragam nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan, laporan terbaru dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang memasukkan kacang ke dalam menu harian mereka, mengalami dampak yang positif terhadap penurunan berat badan serta perubahan ukuran lingkar pinggang mereka.

Kacang adalah perkataan yang biasa digunakan bagi biji yang besar, kering dan berminyak atau buah bagi sesetengah tumbuhan. Walaupun pelbagai jenis biji-bijian dan buah-buahan dipanggil kacang, cuma sejumlah kecil dikira sebagai kacang sebenar oleh ahli biologi. Kacang merupakan sumber zat makanan yang penting bagi manusia dan juga hidupan liar.

Sebiji kacang adalah sejenis biji. Kacang adalah biji dan buah, dan tidak boleh dipisahkan. Biji benih datang daripada buah, dan boleh dikeluarkan daripada buah, contohnya badam, gajus dan walnut yang perlu dikeluarkan daripada buahnya. Kacang pistasio yang dikenali sebagai sejenis kacang untuk masakan, tidak dikira sebagai sejenis kacang dari segi biologi.

Macam-macam Kacang-kacangan

Almond (Buah Badam): Diantara kacang-kacangan, buah badam atau almond mengandung rasa yang lezat dan halus, tetapi karena harganya mahal, buah ini digunakan seperlunya dan hanya untuk hiasan saja. Ada 2 jenis buah badam atau almond, yaitu: Almond manis dan almond pahit. Almond pahit hanya disediakan untuk pembuatan minyak sulingan. Almond pahit tidak enak dimakan, digunakan hanya untuk membangkitkan rasa bila dicampur dengan almond manis.

Walnut (sejenis kenari): Pohon walnut banyak tumbuh di India. Walnut mengandung rasa yang keras dan karena banyak mengandung lemak, maka jika disimpan terlalu lama akan menjadi tengik.

Pistachio (Biji kenari hijau): Biji kenari hijau atau pistachio digunakan hanya sedikit sekali dalam pembuatan kue sebab harganya terlalu mahal. Biji buah ini panjangnya kurang lebih setengah inci, kulitnya coklat agak ungu yang dapat dihilangkan dengan cara memutihkannya.

Biji Jambu Monyet (Mete): Biji jambu monyet memiliki rasa yang lembut. Biasanya digunakan sebagai penghias kue.

Kacang tanah: Kacang ini mengandung kurang lebih 40% minyak yang sering digunakan untuk membuat lemak nabati. Karena harganya tidak begitu mahal, kacang tanah digunakan untuk berbagai macam kue kering.

Kelapa: Dagingnya yang putih disebut kopra, setelah dikupas dari batoknya dan dijemur di panas matahari atau dianginkan. Dengan mengangin-anginkan akan diperoleh warna yang lebih bagus. Jika kopra sudah kering, lalu dipotong-potong atau diiris-iris, dipotong kasar, dipotong sedang, atau diparut.

Jenis Jenis dan Contoh kacang yang paling bergizi (per 1 ons porsi), diantaranya adalah :

Kacang Pistachio
Kacang pistachio mengandung kalori yang rendah. Seporsi kacang pistachio menyediakan 12 persen kebutuhan serat harian anda. Hampir 90 persen kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh (lemak sehat). Kacang ini juga kaya akan vitamin B6 dan thiamin. Pistachio adalah salah satu sumber terbesar antioksidan diantara semua jenis kacang serta dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Kacang Mete
Kacang mete memiliki lebih dari dua kali lipat zat besi untuk 1 ons daging sapi. Kacang ini juga menyediakan 38 persen tembaga untuk kebutuhan harian tubuh anda. Jika anda kekurangan tembaga, maka anda berisiko mengalami anemia, osteoporosis, dan arthritis. Risiko lainnya adalah meningkatnya kadar kolesterol LDL anda, dan tubuh anda jadi lebih mudah terkena infeksi. Kacang mete juga merupakan sumber zat seng, dimana zat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, seng juga dapat membantu penyembuhan luka. Kacang mete memiliki lebih sedkit lemak per porsi dari hampir semua kacang yang lain.

Kacang Pecan
Penelitian menunjukkan bahwa makan seporsi pecan setiap hari dapat membantu melindungi anda terhadap degenerasi neuron motorik terkait usia dan gangguan seperti penyakit Lou Gehrig. Ada bukti juga bahwa pecan dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Pecan mengandung 60 persen lemak tak jenuh tunggal dan juga mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral.

Walnut
Walnut atau sejenis kacang kenari ini adalah camilan sehat yang lezat dan populer di dunia. Walnut mempunyai kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Beragam penelitian menunjukkan bahwa walnut memainkan peranan penting dalam mengontrol diabetes, pra-diabetes, dan sindrom metabolik. Kacang ini juga merupakan sumber magnesium dan fosfor. Beberapa peneliti mengklaim bahwa walnut merupakan makanan penting yang dapat melawan penurunan kognitif terkait usia.

Kacang Brazil
Seporsi kacang Brazil mengandung selenium yang tinggi. Selenium adalah mineral yang penting terhadap tiroid dan menjaga fungsi kekebalan tubuh. Kacang ini memiliki jumlah magnesium yang paling tinggi dibandingkan dengan kacang camilan lainnya. Zat ini sangat bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan dan kepadatan tulang.

Kacang Tanah
Kacang tanah mengandung jumlah folat yang tinggi, vitamin yang memainkan banyak peran dalam tubuh, termasuk membantu membentuk materi genetik di semua sel dan memungkinkan pembentukan sel darah merah. Peran paling penting dari folat adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Kacang tanah juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan berpotensi mencegah diabetes tipe 2.

Kacang Kedelai
Kacang kedelai yang dimaksud di sini adalah kacang kedelai utuh yang telah direndam dalam air, dikeringkan, dan dipanggang atau dibakar sampai kering. Kacang kedelai mengandung banyak protein, yakni 11 gram per porsi. Kacang ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah setiap porsinya, dan menyediakan sumber vitamin K yang tinggi, dimana vitamin ini berperan penting terhadap penyerapan kalsium.

Kacang Pinus
Kacang lezat ini mengandung dua kandungan penting untuk kesehatan mata, yakni lutein dan beta-karoten. Seporsi kacang pinus juga mengandung 2,5 mg mangan. Orang yang kekurangan mangan berisiko mengalami kelemahan tulang, kejang, dan infertilitas.

Kacang Macadamia
Kacang macadamia sering dianggap kacang yang tinggi kalori dan lemak. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa lemak yang dikandungnya adalah lemak sehat. Kacang tropis ini mengandung asam lemak omega-7 tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Omega-7 juga telah ditunjukkan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Seporsi kacang macadamia menyediakan 100 persen kebutuhan harian anda akan thiamin. Thiamin dibutuhkan tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan berperan dalam mengatur sistem saraf.

Kacang Almond
Kacang almond mengandung protein yang cukup tinggi. Seporsi kacang almond juga kaya akan vitamin E, riboflavin, niasin, dan kalsium. Kacang almond dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beragam penelitian menunjukkan bahwa almond merupakan makanan prebiotik yang hebat, yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Tag Search :
macam kacangan,macam kacangan,macam kacang kacangan,macam kacang-kacangan di indonesia,macam jenis kacang-kacangan,macam tanaman kacang kacangan,macam-macam kacang-kacangan dan manfaatnya, contoh kacangan,contoh kacangan penutup tanah,contoh makanan kacang kacangan,contoh jenis kacang kacangan,contoh kacang-kacangan,contoh kacang kacangan untuk diet,contoh tanaman kacang-kacangan,contoh suku kacang-kacangan,