Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Contoh Jenis dan Macam Tumbuhan Gurun pasir

Ruang Blog Jumlah dan jenis tanaman yang hidup di gurun pasir bervariasi sesuai dengan tempat gurun berada. Rumput pendek dapat ditemukan di hampir semua gurun. Tanaman gurun termasuk semak semak, semak-semak creosote dan kaktus. Para Saguaro (katakanlah Suh-hwah-roe) kaktus hanya ditemukan di gurun Sonora Amerika Utara dan spinifex ditemukan di gurun Australia.

Penyesuaian / Adaptasi Tumbuhan
Tanaman gurun harus mengembangkan cara-cara yang berbeda dalam pengambilan air untuk bertahan hidup di habitatnya. Perubahan ini disebut adaptasi. Sebuah adaptasi umum pengembangan cara untuk menyimpan air dalam akar, batang, daun atau buah. Tanaman yang menyimpan air dengan cara ini disebut sukulen, salah satunya adalah kaktus. Beberapa tanaman telah mengembangkan akar yang sangat panjang yang pergi jauh ke dalam tanah untuk mencapai air bawah tanah. Lainnya telah mengembangkan penyebaran sistem akar berbaring tepat di bawah permukaan dan peregangan secara luas. Hal ini memberikan banyak akar tanaman kecil yang menangkap air saat hujan.

Tumbuh – tumbuhan tersebut yang dapat tumbuh didaerah padang gurun diantarannya kaktus dan kutikula. Kaktus dapat hidup didaerah kering dikarenakan dapat menyimpan banyak air didalam batangnya dan daunnya yang menyempit menjadi duri. Lalu, kutikula ialah tumbuhan yang tebal dan mempunyai akar yang panjang. Sedangkan hewan yang mampu tumbuh diarea padang gurun seperti unta yang dapat menyimpan air dalam tubuhnya. Tikus, ular, dan kalajengking juga dapat hidup didaerah ini tetapi hanya aktif pada pagi hari, dan bila pada siang hari mereka akan berlindung dari panas terik matahari di lubang-lubang yang telah mereka buat.


Berikut beberapa jenis Tumbuhan yang ada di gurun :

Ciri-ciri tumbuhan gurun biasanya mempunyai akar panjang yang turun ke bawah tanah. Hal ini berfungsi untuk menyerap air tanah di kedalaman. Selain itu, tumbuhan gurun juga berdaun kecil untuk mengurangi penguapan.

Pohon kurma.
Kurma jika ditanam di tanah berpasir akan menghasilkan buah yang manis dan hasilnya melimpah.



Thyme
Tumbuhan ini mengeluarkan bau harum dari seluruh tubuhnya. Jika dikeringkan bau harumnya justru bertambah kuat. Walau dipanaskan pun, harumnya tidak akan hilang.



Mugwort
Tumbuhan ini mengandung bahan yang dapat meredakan rasa sakit. Sangat baik untuk obat datang bulan wanita.



Akasia padang gurun
Akasia ini ternyata mempunyai akar yang mampu menembus hingga 50 meter ke dalam tanah untuk menyerap air. Akar ini dipenuhi duri, sehingga bisa digunakan sebagai perangkap hewan buruan.


Kaktus
Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Semak Creosote
Semak creosote  dinamai demikian karena aromanya. Tumbuhan ini tumbuh ketika mendapat area yang lapang di sekitarnya. Akarnya menyebar dan menyerap air yang dikumpulkan beberapa sentimeter di bawah permukaan tanah. Tumbuhan ini sangat efektif mengumpulakn air sehingga tidak ada tumbuhan lain yang dapat hidup di dekatnya. Lapisan lilin pada daunnya membantu mengurangi penguapan air.

Tag Search :
tumbuhan gurun,tumbuhan gurun,tumbuhan gurun pasir,tumbuhan gurun sahara,tumbuhan gurun umumnya mempunyai daun,tumbuhan di gurun,tumbuhan di gurun panas,jenis tumbuhan gurun pasir,tumbuhan daerah gurun,