Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian dan Definisi Benalu Loranthus


Benalu (Loranthus, suku Loranthaceae) adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket.

Klasifikasi Benalu :

            Kerajaan     Plantae
            Divisi          Magnoliophyta
            Kelas           Magnoliopsida
            Ordo            Santalales
            Famili          Loranthaceae
            Genus          Loranthus

Benalu merupakan tumbuhan pengganggu tumbuhan lain. Benalu memiliki akar isap yang mampu mengisap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Akar benalu mampu menancap pada batang tumbuhan yang hidup, kemudia mengisap sari-sari makan pada tumbuhan itu. Dengan demikian, batang tumbuhan itu akan kehilangan sari makannya dan akhirnya mati. Benalu ini tergolong tumbuhan parasit (parasitisme). Benalu tumbuh pada dahan tumbuhan dengan perantara burung. Benali memiliki buah-buah kecil, apabila sudah masak rasanya manis. Buah inilah yang dimakan burung-burung kecil lalu ditelan bersama bijinya. Pada saat burung itu membuang kotoran, biji benalu akan ikut keluarbersama kotoran burung. Apabila biji benalu itu melekat pada dahan, maka biji akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan benalu muda mulai tumbuh.

Benalu merupakan tanaman parasit dan mempunyai akar yang berupa akar penghisap atau akar penggerek. Akarnya ini berupa haustorium yang berbentuk bulat yang merupakan penghubung antara benalu dengan inangnya, dan modifikasi akar ini akan menembus kulit dari inangnya tapi tidak sampai ke bagian kayu yang dalam, melalui akar ini benalu menagmbil sari makanan dari inangnya.

Kehidupan Benalu Pada Lingkungan
Pertumbuhan benalu bersimbiosis terhadap lingkungannya yang merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Kehidupan benalu pada pertumbuhannya merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Parasitisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. 

Contoh:
Tanaman benalu dengan inangnya
Tali putri dengan inangnya
bunga raflesia dengan inangnya

Mutualisme adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. 

Contohnya:
Bunga Sepatu dan Lebah
Bunga dengan kupu-kupu

Komensalisme, adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. 

Contoh:
Tanaman anggrek yan hidup menumpang pada indnag
Amensalisme, yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Kompetisi, di mana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan.

Netraliesme, dimana kedua pihak tidak saling diuntungkan maupun dirugikan. Interaksi antar kedua spesies tidak menyebabkan keuntungan maupun kerugian bagi keduanya.

Tag Search :
pengertian benalu,pengertian benalu,pengertian benalu teh,pengertian benalu tumbuhan,pengertian benalu kbbi,pengertian dari benalu,artikel pengertian benalu,pengertian pohon benalu,pengertian tanaman benalu,apa pengertian benalu,pengertian kata benalu definisi benalu,definisi benalu,definisi tanaman benalu,definisi tumbuhan benalu,definisi kata benalu