Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Jenis Peranan serta fungsi musik tradisional

Alat Musik Tradisional jangan pernah di tinggalkan karena musik tradisional adalah warisan nenek moyang suatu bangsa yang di turunkan secara turun temurun. Alat Musik Tradisional ini merupakan suatu cirikhas sebuah bangsa, maka menjaga, memelihara dan melestarikan budaya dengan alat alat musik tradisional merupakan kewajiban dari setiap individu, dengan kata lain kebudayaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan oleh setiap suku bangsa.

Fungsi dan Peranan musik tradisional

    Fungsi Upacara Adat Tradisional Suatu upacara dan sistem simbol-simbol yang ada mempunyai fungsi tertentu. Sehubungan dengan fungsi upacara adat keagamaan Subur Budhisantoso, (1948 : 28)  mengemukakan bahwa fungsi dari upacara yang ideal dapat dilihat dalam kehidupan sosial budaya masyarakat pendukungnya yaitu adanya pengendalian sosial, media sosial serta norma sosial. Selain itu seseorang ahli antropologi agama Clifford Geerts dalam Sitti Masnah Hambalai (2004 : 18 ) mengemukakan bahwa upacara dengan sistem-sistem simbol yang ada didalamnnya berfungsi  sebagai pengintegrasian antara etos dan pandangan hidup, yang dimaksudkan dengan etos merupakan sistem nilai budaya sedangkan pandangan hidup merupakan konsepsi  warga masyarakat yang menyangkut dirinya, alam sekitar dan segala sesuatu yang ada dalam lingkungan sekitarnya. Sedangkan menurut Suwandi  Notosudirjo, (1990 : 330) fungsi sosial upacara adat tradisional dapat dilihat dalam kehidupan sosial masyarakatnya yakni adanya pengendalian sosial, media sosial, norma sosial, serta pengelompokkan sosial. Bagi masyarakat tradisional dalam rangka mencari hubungan dengan apa menjadi kepercayaan biasanya dilakukan dalam suatu wadah dalam bentuk upacara keagamaan yang bisanya dilaksanakan oleh banyak warga masyarakat dan mempunyai fungsi sosial untuk mengitensifkan solidaritas masyarakat.


Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi apresiasi estetika
Musik adalah sebuah karya seni. Sebuah karya seni dapat dikatakan jika ia memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya. Melalui musik kita dapat merasakan keindahan nilai-nilai baik melalui melodi atau dinamika.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi hiburan
Musik memiliki fungsi hiburan mengacu pada pengertian bahwa musik harus mengandung unsur-unsur yang menghibur. Hal ini dapat dinilai dari melodi atau lirik.

Peranan Musik bagi Kehidupan Komunikasi fungsi.
Musik memiliki fungsi komunikasi yang berarti bahwa budaya musik yang berlaku di wilayah berisi isyarat terpisah yang hanya diketahui oleh dukungan publik untuk budaya. Hal ini dapat dilihat dari teks maupun musik melodi.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi sebagai simbol
Musik memiliki fungsi dalam sesuatu melambangkan. Hal ini dapat dilihat dari aspek musik , seperti tempo musikal. Jika tempo musik lambat, maka sebagian besar teks menceritakan hal-hal sedih. Jadi musik yang akan melambangkan kesedihan.

Peranan Musik bagi Kehidupan fungsi reaksi
Jika musik diputar, musik dapat merangsang sel-sel saraf manusia yang menyebabkan tubuh kita untuk pindah ke irama musik . Jika musik lebih cepat maka kita bergerak cepat, dan sebaliknya.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi yang berkaitan dengan norma-norma sosiala
Musik berfungsi sebagai media instruksi akan norma-norma atau aturan. Penyampaian kebanyakan melalui teks lagu yang mengandung aturan.

Peranan Musik bagi Kehidupan Validasi fungsi sosial. Institusi
Musik fungsi sini berarti bahwa musik memiliki peran yang sangat penting dalam upacara. musik adalah salah satu elemen penting dan bagian dalam upacara, tidak hanya sebagai iringan.

Peranan Musik bagi Kehidupan Fungsi kesinambungan budaya.
Fungsi ini mirip dalam fungsi yang terkait dengan norma-norma sosial. Dalam hal ini musik yang terdapat pada ajaran melanjutkan sistem budaya untuk generasi berikutnya.

Peranan Musik bagi Kehidupan Komunitas integrasi fungsi
Musik memiliki fungsi integrasi masyarakat. Sebuah musik yang jika dimainkan bersama musik tanpa disadari menciptakan rasa kebersamaan di antara para pemain atau musik pecinta.