Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian Akar Rizoid dan Fungsinya

Rizoid adalah serupa dalam struktur dengan rambut akar ditemukan pada tumbuhan vaskular yang lebih kompleks. Rizoid terbentuk dari sel tunggal, seperti akar, yang merupakan organ multiseluler. Definisi berbeda dari kata rizoid mungkin banyak anda temukan di beberapa mata pelajaran yang juga berbeda. untuk melihat arti rizoid

Rizoid terdiri dari satu deret sel yang memanjang, kadang-kadang dengan sekat yang tidak sempurna. rizoid juga tampak seperti benang-benang, yang berfungsi sebagai akar untuk melekat pada tumbuhannya dan menyerap air serta garam-garam mineral (makanan) 

Holdfast merupakan struktur primer yang berperan untuk meletakkan talus pada substrat, holdfast juga kemungkinan berasal dari modifikasi sel basal dengan filamen rizoid . holdfast juga merupakan bagian talus yang serupa dengan akar . dia tidak menyerap unsur hara dan mineral yang ada disekitarnya .


Fungsi Rizoid
Jika Anda pernah mencoba untuk menumbuhkan tanaman, Anda tahu mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup. Beberapa tanaman membutuhkan lebih banyak air daripada yang lain. Para ahli biologi percaya bahwa tanaman pertama semua hidup dalam air. Hal ini memungkinkan mereka untuk langsung menyerap air yang mereka butuhkan dari lingkungan mereka. Seiring waktu berlalu, tanaman berevolusi untuk hidup di darat. Ini berarti mereka mengadaptasi beberapa sistem menyerap air secara efisien tanpa benar-benar hidup di dalam air. Tanaman pertama untuk pindah dari kehidupan air untuk hidup di darat adalah bryophyta.

Rizoid menyerap air dari tanah menggunakan aksi kapiler. Kapiler adalah kemampuan cairan mengalir dalam ruang sempit tanpa bantuan dari kekuatan-kekuatan eksternal seperti gravitasi. Untuk membayangkan bagaimana rizoid bekerja, pikirkan pengaduk kopi kecil atau jerami. Jika Anda menempatkan sesuatu dalam air, Anda akan melihat air perlahan-lahan bergerak ke atas di dalamnya. Ini adalah bagaimana cara kerja rizoid. Setiap jumlah air yang bertemu dengan rizoid dalam tanah yang mampu meluncur melalui rizoid dan berfungsi sebagai makanan bagi tanaman.

Tag Search :
pengertian rizoid,pengertian rizoid,pengertian rizoid dan haustorium,pengertian rizoid pada jamur,pengertian rizoid dan stolon,pengertian rizoid wikipedia,pengertian rizoid dan fungsinya,pengertian dari rizoid,pengertian hifa rizoid,apa pengertian rizoid,jelaskan pengertian rizoid fungsi rizoid,fungsi rizoid pada tumbuhan lumut,fungsi rizoid,fungsi rizoid pada jamur,fungsi rizoid pada jamur tempe,fungsi rizoid lumut,fungsi rizoid pada tumbuhan paku,fungsi rizoid pada tumbuhan lumut untuk