Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian Definisi Kacang Mente Jambu Monyet

Pengertian Kacang Mente / Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) adalah Jambu mente (Annacardium occidentale L.) merupakan tanaman yang serba guna. disamping sebagai sumber pendapatan masyarakat, juga sangat cocok digunakan dalam konservasi lahan keritis dan gersang, sehingga tanaman jambu mente ini banyak didapatkan di daerah kering dan di kawasan bekas tambang. Jambu Mente lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan pelbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae
(tidak termasuk) Angiospermae
(tidak termasuk) Eudikotil
(tidak termasuk) Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Anacardium
Spesies: A. occidentale

Nama binomial
Anacardium occidentale L.

Karakteristik Pohon Jambu Monyet / Kacang Mente
Jambu monyet memiliki ukuran pohon sedang, tinggi s/d 12 m, dengan tajuk melebar, memiliki cabang sangat banyak, serta senantiasa hijau. Tajuk mungkin saja tinggi serta menyempit, atau rendah serta melebar, bergantung pada situasi lingkungannya.



Pohon Jambu Monyet / Kacang Mente
Daun-daun terdapat pada ujung ranting. Helai daunnya bertangkai, bundar telur terbalik, umumnya dengan pangkal meruncing serta ujung membundar, melekuk ke didalam, gundul, 8–22 × 5–13 cm.

Jambu monyet merupakan jenis tumbuhan berumah satu atau monoesis, dimana bunga-bunga berkelamin campuran, terkumpul didalam sesuatu malai rata memiliki rambut halus, lebar 15–25 cm. Kelopaknya memiliki rambut, 4–5 mm. Mahkota runcing, lk 1 cm, warnaya putih sesudah itu merah, memiliki rambut. Buah geluk memiliki warna coklat tua, bentuknya membengkok, dan tinggi lk 3 cm.