Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian dan Definisi Buah Pada Tumbuhan

Pengertian dan Definisi Buah
Buah adalah bagian dari tanaman yang berasal dari bunga. Buah di hasilkan dari penyerbukan putik oleh benang sari. Didalam buah terdapat biji, yang merupakan bagian penting bagi tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif. Karena biji nantinya jika di tanam akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang mempunyai sifat seperti kedua induknya. Setiap buah berasal dari bunga, tapi tidak setiap bunga menghasilkan buah. Contoh bunga yang menghasilkan buah adalah mangga, jambu, rambutan. Sedangkan bunga yang tidak menghasilkan buah adalah tanaman bunga-bungaan seperti melati. Sebagian besar buah menghasilkan biji, tetapi ada juga buah yang di buat Pengertian Buah dengan rekayasa genetik agar tidak berbiji. Contohnya adalah buah semangka non biji.


karakteristik Buah-Buahan :
Buah yang tumbuh pada musim tertentu atau di sebut (Buah Musiman)

  • contoh Buah-buahan yang termasuk buah musiman yaitu : mangga, rambutan, duku dll
  • contoh Buah-buahan bukan musiman yaitu : pisang, alpukat, pepaya dll

buah yang digolongkan dari iklim suatu daerah yaitu

  • iklim tropis, tanaman yang hanya akan tumbuh pada iklim tropis seperti negara kita indonesia
  • iklim sub tropis, tanaman yang hanya akan tumbuh pada iklim yang sedang


Definisi Buah
Definisi atau pengertian buah-buahan secara umum adalah salah satu bagian dari tanaman atau pohon yang berdaging dan dapat dimakan sebagai makanan yang bisa memberikan efek mengenyangkan, menyehatkan dan menyenangkan (sebagai camilan).

Dari sudut ilmu botani, buah-buahan bisa diartikan sebagai struktur organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah yang digunakan sebagai tempat menyimpan hasil fotosintesis yang dilakukan dibagian daun.

Biasanya buah juga dijadikan sebagai wadah untuk membungkus dan melindungi biji agar tanaman tersebut bisa melakukan proses regenerasi.

Bagian - Bagian Buah
Buah segar yang biasa kita makan pada umumnya memiliki 2 buah bagian utama yaitu bagian lapisan dinding buah dan bagian dalam yang berisi biji. Bagian lapisan dinding buah yang secara umum kita sebut sebagai kulit buah itu sebenarnya terdiri dari 3 lapisan yaitu :
Exocarp (Exocarp adalah lapisan buah paling luar yang mengandung pigmen yang akan menentukan pola warna dan corak dari setiap buah)
Mesocarp (Mesocarp adalah lapisan tengah pada lapisan dinding buah yang kita kenal sebagai daging buah dan bagian inilah yang biasanya kita konsumsi)
Endocarp (Endocarp adalah lapisan kulit paling dalam yang berguna untuk membungkus biji buah tersebut)

Proses Terjadinya Buah
Buah merupakan proses pertumbuhan yang sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu kemudian dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan yang dilakukan oleh angin atau binatang seperti lebah, kupu-kupu atau burung.

Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari tadi kemudian berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh serbuk sari ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji yang kemudian membentuk zigot.

Zigot yang terbentuk itu kemudian tumbuh menjadi embrio yang akan menjadi biji dan dinding bakal buah yang kemudian berkembang dan tumbuh menjadi berdaging atau pada sebagian pohon buah bakal buah tumbuh membentuk lapisan pelindung yang keras dan kering.

Pada tahap ini beberapa bagian bunga yang akan menjadi bakal buah seperti kelopak bunga, mahkota, benang sari dan putik akan gugur sebagian dan bagian yang bertahan akan menjadi biji, biji inilah yang kemudian akan terus berkembang menjadi buah hingga masak dan bisa dimakan.