Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian Pasar Digital Barang Digital & E Commerce

Ruang Blog Pengertian dan Definisi Pasar Digital Barang Digital & E Commerce Pasar Digital adalah Pasar Dalam lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi diantara banyak organisasi dan individu.Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web.Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya uang) melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barang dan jasa


Adapun yang menjadi kelebihan dari e-commerce adalah sebagai berikut.
  1. Ada dimana-mana : E-commerce ada dimana-mana berarti e-commerce memang terdapat dimana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, dirumah, ditempat kerja atau bahkan dari kendaraan, dengan menggunakan mobile e-commerce. Hasilnya disebut dengan ruang pasar(marketspace) – pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara.
  2. Jangkauan global : teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dari suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
  3. Standar universal : standar teknik universal dari internet dan e-commerce berpengaruh besar terhadap rendahnya biaya masuk pasar – biaya yg harus dikeluarkan oleh standar universal mengurangi biaya pencarian– usaha yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang sesuai dengan keinginan mereka.
  4. Kaya manfaat : dalam hal informasi, istilah kaya manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan.
  5. Interaktif : interaktivitas memungkinkan seorang penjual online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global.
  6. Kepadatan informasi : kepadatan informasi – jumlah keseluruhan dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua peserta, pelanggan dan penjual dipasar.
  7. Personalisasi/penyesuaian : personalisasi adalah pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai nama, alamat,minat, dan pembelian orang dimasa lalu. Penyesuaian adalah mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya.

Konsep utama dalam e-commerce adalah pasar digital dan barang digital.

Jenis E-Commerce.
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce. Tiga kategori utama dari e-commerce adalah bisnis ke konsumen, bisnis ke bisnis, dan konsumen ke konsumen
  1. E-commerce bisnis ke konsumen – melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
  2. E-commerce bisnis ke bisnis – melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.
  3. E-commerce konsumen ke konsumen – melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.
E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk melakukan transaksi bisnis. Lebih formal, e-commerce adalah tentang digital memungkinkan transaksi komersial antara dan di antara baru dan bagi individu. Untuk sebagian besar, ini berarti transaksi yang terjadi lebih dari Internet dan Web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas-batas organisasi atau bagi individu untuk produk dan layanan. E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk melakukan transaksi bisnis. Lebih formal, e-commerce adalah tentang digital memungkinkan transaksi komersial antara dan di antara baru dan bagi individu. Untuk sebagian besar, ini berarti transaksi yang terjadi lebih dari Internet dan Web. 

Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas-batas organisasi atau bagi individu untuk produk dan layanan. E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk melakukan transaksi bisnis. Lebih formal, e-commerce adalah tentang digital memungkinkan transaksi komersial antara dan di antara baru dan bagi individu. Untuk sebagian besar, ini berarti transaksi yang terjadi lebih dari Internet dan Web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas-batas organisasi atau bagi individu untuk produk dan layanan. E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk melakukan transaksi bisnis. Lebih formal, e-commerce adalah tentang digital memungkinkan transaksi komersial antara dan di antara baru dan bagi individu. Untuk sebagian besar, ini berarti transaksi yang terjadi lebih dari Internet dan Web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas-batas organisasi atau bagi individu untuk produk dan layanan.