Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

5 Daerah Di Indonesia Yang Memiliki Tradisi Mengerikan

Selain mempunyai berbagai hal unik, negara Indonesia juga memiliki banyak daerah yang mempunyai tradisi suku budaya yang unik dan ekstrem berikut 5 Daerah yang mempunyai tradisi sangat unik dan Ekstrim.


1. Toraja
Toraja adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan juga salah satu daerah wisata yang unik salah satunya Ma’nene merupakan tradisi yang berasal dari Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan berupa arak-arakan mumi dari leluhur yang telah meninggal. Sebelum tradisi Ma’nene dilakukan terlebih dahulu mumi akan diganti pakaiannya dengan pakaian baru seperti gaun atau jas formal. Konon jasad mumi dalam tradisi Ma’nene akan bisa berdiri dan berjalan sendiri seperti seolah ada kekuatan ghaib yang mengendalikannya.


2. Wamena
Tradisi Potong Jari merupakan tradisi ekstrem yang dilakukan oleh beberapa suku dari Wamena di Provinsi Papua. Setiap terdapat anggota keluarga yang meninggal maka anggota keluarga yang masih hidup akan memotong satu ruas jarinya sebagai bentuk rasa kehilangan. Kini Tradisi Potong Jari sudah mulai ditinggalkan karena dianggap terlalu berbahaya.

3. Bone
Di Indonesia yang sebagian besar masyrakatnya adalah petani mempunyai banyak tradisi untuk mensyukuri musim panen. Salah satunya di Dusun Paroto, Desa Sanaeko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan yang melakukan tradisi adu betis. Unik bukan? Tradisi ini dilakukan lewat permainan Malanca. Intinya para pemuda harus mengeluarkan kekuatannya agar bisa mengikuti tradisi adu betis ini.

4. Maluku
Traradisi paling ekstrim di Indonesia yang sepertinya sudah tak lagi dilakukan oleh suku Naulu, Maluku adalah tradisi berburu kepala manusia. Tradisi mengerikan ini dianggap sebagai bentuk persembahan terhadap leluhur mereka. Di mana masyarakat suku Naulu percaya bahwa dengan berburu kepala manusia, maka mereka akan terhindar dari musibah.

5. Mentawai 
Kerik Gigi, adalah tradisi paling ekstrim dan menyakitkan Setiap wanita pasti ingin dirinya cantik. Tapi bagi wanita suku Mentawai, kecantikan itu juga harus siap berkorban dalam melewati rasa sakit. Salah satunya adalah proses kerik gigi tanpa alat bius yang dilakukan oleh pimpinan adat. Adapun bentuk filosofinya, dengan memodifikasi gigi seperti hiu, tradisi Kerik menggambarkan sebagai pengantar jiwa Gadis Mentawai menuju Kedamaian. Pesona kecantikan Gadis Mentawai muncul dari keyakinan. Bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan, keinginan jiwa harus sejalan dengan bentuk tubuh.

Itulah 5 daerah di Indonesia yang mempunyai tradisi yang unik dan ektrim dan masih banyak lagi hal unik lainnya yang dimiliki negara kita ini.