Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

6 Cara Agar Tubuh Tetap Fit Di Cuaca Ekstrem Saat Ini

Sekarang ini kita telah masuk dalam musim pancaroba dan terbilang ekstrim yang mana sewaktu-waktu saat cuaca terang benderang dengan suhu yang cukup tinggi dapat berubah seketika cepatnya menjadi hujan deras dan suhu turun dengan drastis. Kemudian ini diperberat dengan hujan berkepanjangan yang menyebabkan banjir di beberapa titik. 



Perubahan cuaca drastis yang ekstrim ini tidak hanya berdampak pada kegiatan sehari-hari, namun juga berdampak pada kesehatan tubuh kita. Dalam kondisi cuaca yang demikian, virus dan bakteri di sekitar kita dapat berkembang dan menyebar lebih cepat. Penyebaran penyakit lebih mudah terjadi walaupun daya tahan tubuh dalam keadaan prima. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh kita.

1. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup adalah hal utama kesehatan. Istirahat dapat menjaga tubuh tetap kuat. Istirahat juga merupakan penopang sistem imunitas tubuh. Istirahat yang benar dapat dilakukan dengan tidur teratur setiap harinya. Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya.

2. Olahraga
Rajin berolahraga secara rutin setiap harinya untuk menjaga imunitas tubuh kita. Setiap orang direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu. Olahraga bisa dilakukan kapan saja. Salah satu yang paling mudah adalah melakukan peregangan di pagi hari.

3. Pola Makan yang Sehat
Makanan menjadi asupan untuk kebutuhan tubuh kita, terkadang bila sudah sangat lapar kita sembarangan mengkonsumsi makanan agar menghilangkan rasa lapar yang mendera. Sebaiknya mulai dari sekarang kita harus begitu bijak dan selektif dalam mengkonsumsi makanan yang akan disantap dengan memperhatikan porsi, gizi, teratur, dan kebersihannya.

4. Minum air putih yang cukup
Asupan air putih yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air dapat melindungi tubuh dari dehidrasi. Selain itu, cairan juga punya peran penting dalam metabolisme. Kementerian Kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi air putih 2 liter setiap harinya.

5. Jangan Begadang
Hilangkan kebiasan buruk seperti bergadang, jajan sembarangan, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan tidur saat pagi hari. Semua hal ini bisa merusak metabolisme tubuh kita dan merusak kesehatan serta daya tahan tubuh.

6. Kelola stres
Penting untuk mengelola stres yang muncul di tengah situasi tak menentu. Stres yang dibiarkan dapat menjadi kronis dan pintu masuk berbagai penyakit. Lakukan sejumlah kegiatan yang dapat menghilangkan stres, meredakan emosi, dan menenangkan tubuh seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan atau meditasi.

Di tengah cuaca ekstrem yang berlangsung saat ini dan di masa pandemi ini, sangat penting juga untuk kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, untuk mencegah penularan Covid-19.

#Dirumah saja
#Ayo Pakai masker
#Ayo Vaksin