Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Cara Daftar Menjadi Penerima PKH 2022

Ruang Blog Apakah bunda ingin menjadi penerima PKH. Tentunya sebelum mendaftar kita harus megentahui apa saja syarat dan ketentuan untuk Pilih DAFTAR menjadi penerima PKH. Bansos PKH ini sangat membantu warga miskin dalam masa pandemi covid 19.

Dilansir oleh Kemensos Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH untuk Pilih DAFTAR menjadi penerima PKH. 





Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka untuk Pilih DAFTAR menjadi penerima PKH. 

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI. 


Ada beberapa Hal yang perlu kita ketahui tentang PKH.

PERTAMA Tidak ada sistem daftar online Calon peserta wajib melapor ke aparat desa atau kelurahan untuk didata dan diverifikasi ulang.

KEDUA Calon peserta bukan penerima bansos lain Pastikan Anda belum menerima bantuan seperti Sembako, BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, Kartu Prakerja dan program bansos non PKH lainnya.

KETIGA Calon peserta bukan Aparatur Sipil Negara Calon peserta yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan Polri tidak termasuk penerima program PKH. 

KEEMPAT Tidak masuk dalam kategori keluarga miskin dan rentan miskin Dalam DTKS terdapat beberapa kategori keluarga, jika Anda tidak terdaftar maka tidak termasuk dalam calon penerima.

KELIMA Data lengkap dan syarat sudah valid Jika Anda sudah melakukan validasi, nantinya penerima akan mendapat kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dijadikan alat transaksi cetak berdasarkan permintaan dari Kemensos. 


Cara dan Syarat mendaftar PKH 2022 adalah sebagai berikut.

1.Warga yang masuk kategori miskin mendaftarkan diri ke kepala desa atau lurah membawa KTP dan KK

2. Pendaftaran tidak dapat dilakukan secara online

3. Dinas sosial melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran rumah tangga
Bupati dan walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi pada Mensos melalui gubernur

4. Penetapan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

5. Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kemensos melalui validasi KPM PKH yang memenuhi syarat

6. KPM menerima bantuan PKH dan melaksanakan kewajibannya.

Download Aplikasi Cek Bansos melalui Google Play Store di HP. Pastikan apakah pembuat aplikasi Cek Bansos adalah Kementerian Sosial.  


Pasalnya, ada banyak aplikasi serupa di  Unduh di Google Play Store.  Sehingga masyarakat harus memastikan, aplikasi Cek Bansos yang download, benar-benar dari Kemensos.

Aplikasi Cek Bansos ini dapat digunakan untuk melihat kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH). Pengguna dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak. 

Selain itu Pengguna juga dapat mengusulkan dirinya sendiri atau tetangganya yang dianggap layak untuk masuk ke dalam DTKS dan/atau menerima bantuan sosial.


PKH ini disalurkan kepada 10 juta penerima melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni BRI, Mandiri, BNI, dan BTN. Baca Juga.

Syarat-syarat untuk mendapatkan BLT PKH 2022 ada tiga, yakni sebagai berikut.
  1. Warga miskin atau rentan miskin
  2. Anggota KPM PKH yang telah digraduasi.