Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Inilah Efek VAKSIN Covid 19

SUDAHKAH ANDA VAKSIN ?


Setelah kita divaksinasi, selain kartu vaksin yang akan kita dapatkan ada  beberapa efek ringan yang biasanya muncul, biasanya tenaga kesehatan akan meminta kita penerima vaksin menunggu sekitar 15 sampai 30 menit di lokasi vaksin untuk memastikan tidak ada reaksi atau kejadian pasca vaksinasi yang bersifat segera. Tahu kah Anda, kejadian atau reaksi pasca vaksinasi serius amat sangat jarang terjadi. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, efek samping vaksinasi Covid-19 itu masih tergolong wajar. "Itu efek samping vaksin Covid-19 yang mungkin timbul dan itu wajar,".

Namun kita tetap harus waspada dan mengantisipasi reaksi vaksin tersebut Vaksin yang disuntikan kedalam tubuh bertujuan memberikan kekebalan tubuh tanpa harus terkena penyakit. Kekebalan tubuh dapat terbangun tanpa berbagai reaksi, namum terdapat pula beberapa gejala kejadian pasca vaksinasi umumnya yang  ringan hingga sedang, dan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari. 

Beberapa bentuk kejadian pasca vaksinasi Sinovac ringan hingga sedang yang mungkin dialami pasca vaksinasi adalah:

  1. Rasa pegal di sekitar area suntik
  2. Demam ringan
  3. Rasa lelah
  4. Sakit kepala
  5. Pegal pada otot atau sendi
  6. Menggigil
  7. Diare
  8. Muntah
Apabila tubuh mengalami reaksi setelah vaksinasi:

  1. Tetap tenang tidak panik
  2. Bila terjadi reaksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan, kompres dengan air dingin pada lokasi tersebut
  3. Jika demam, kompres dengan air hangat/mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat.
  4. Bila dibutuhkan, minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
  5. Segera hubungi petugas kesehatan jika gejala berlangsung lebih dari tiga hari atau jika terjadi reaksi yang lebih berat.

Bersabarlah dan tetap tenang karena tubuh perlu waktu yang cukup untuk membangun kekebalan dalam tubuh. Seseorang baru dapat dikatakan divaksinasi, setidaknya 2 minggu setelah dosis lengkap.

Vaksin-vaksin yang tersedia menunjukkan efektivitas tinggi dalam melindungi penerimanya dari kejadian sakit berat akibat COVID-19. Akan tetapi, orang yang sudah divaksin masih mungkin menularkan COVID-19, meskipun tanpa gejala. Sebab itulah, kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi diri sendiri dan orang lain—hindari kerumunan, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan selalu kenakan masker di luar rumah.

Tetap Dirumah Aja
Ayo Pakai Masker
Ayo Vaksin