Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Cara Menyambung Melada dengan Lada (Merica) 90% Tumbuh Mengatasi Busuk Akar

Belajar dari banyaknya Para Petani lada/sahang yang mengalami kesulitan dalam memecahkan  solusi penyakit busuk akar pada tanaman Lada yang biasanya menyerang tanaman Lada pada saat musim hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. Kini ditemukan solusi mengatasi busuk akar pada tanaman lada dengan cara menyambungnya dengan tanama Melada cara ini sangat efektif untuk mengatasi busuk akar.  

Melada atau bahasa latinnya Piper Colubrinum adalah tanaman yang berasal dari hutan Amazon Tanaman Melada adalah tanaman asli asal hutan amazon, Tanaman ini biasanya hidup di sekitar perairan sungai amazon. Tanaman yang mereka sebut melada ternyata jenis tanaman endemik. Tanaman melada satu jenis dengan Lada atau Merica ( Piper nigrum ), dan di indonesia sendiri lebih terkenal Melada Kalimantan, karena tanaman melada tumbuh juga di kalimantan tepatnya di hutan kalimantan.

Penyambungan atau enten (grafting) adalah penggabungan dua bagian tanaman yang berlainan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan tumbuh sebagai satu tanaman setelah terjadi regenerasi jaringan pada bekas luka pada sambungannya tersebut.


Penyambungan batang bawah Melada dan batang atas LADA ini dilakukan antara dua varietas tanaman yang masih dalam tanaman yang berlainan spesiesnya tetapi masih dalam satu famili. seperti tanaman lada dan melada yang masih dalam satu famili


Berikut cara menyambung batang lada (merica) dengan batang malada 90% Berhasil:
  1. Siapkan entris batang lada merica unggul Lada India, Lada Lampung, dan Lada Teken yang unggul saat ini.
  2. Batang Melada
  3. Pelastik bening (Pelastik Es) untuk sungkup.
  4. Pelastik untuk mengikat biasanya pelatis yang teksturnya lentur.
  5. Cutter
  6. Polybag ukuran minimal 10x20
Caranya :
  1. Siapkan Batang Melada dan Batang Lada yang akan disambung
  2. Iris batang lada secara lancip kiri dan kanan hingga membentuk runcing kebawah membentuk huruf V kira kira modelnya seperti obeng plat kemudian mebelah stek malada sedalam kurang lebih 3 cm disesuaikan saja dengan stek batang Ladanya. Perlu diperhatikan saat menyambung posisinya harus presisi rapat  contoh seperti gambar dibawah.
  3. Banyak sekali model sambungan yang bisa kita coba namun paling umum yang digunakan sambungan seperti di atas.

    Ikat sambungan dengan pelastik lentur biasanya yang dipakai pelastik es fungsinya untuk mengikat sambungan dan melindunginya agar tidak terkena air. Contohnya seperti gambar dibawah.
    Lada dan Melada yang telah disambung dan sudah di ikat

    Banyak cara yang bisa anda lakukan saat melakukan sambungan mulai dari sambungan tanam langsung yaitu sambungan stek batang melada dan stek batang lada yang disambung kemudian di tanam langsung dilahan namun cara ini sangat baik dilakukan saat musim hujan, bisa juga ditanam di polybag untuk menghindari gagal tumbuh saat cuaca panas. Bisa juga menanam malada di polybag dan menumbuhkan dulu kemudian disambung cara ini juga berfungsi mengurangi kegagalan tumbuh.
  4. Setelah itu sungkup menggunakan plastik yang agak buram untuk mengurangi penguapan dan tunggu selama  20 hari hingga tumbuh tunas baru dan membuka sungkupnya. Sambungan sudah bisa dipindahkan kelahan saat usia 3 bulan sudah bisa dipidahkan ke lahan saat akar sudah keluar.
Umur 1 bulan


Banyak metode sambungan yang bisa kita lakukan.
Melada + Lada India
Melada + Lada Lokal + Lada India 
Melada + Lada Perdu (lokal India Lampung DLL)
Silahkan bereksperimen sendiri


Apa sebenarnya yang menjadi rahasia batang bawah melada dan pengaruhnya pada pohon lada ?
Jawabannya adalah pohon melada itu memiliki akar besar yang tumbuh di bagian buku bagian bawah. Sehingga asupan makan pada lada lebih cepat ditambah dengan kemampuan lebih tahan penyakit serta  menyerap air dengan baik sehingga tidak akan busuk meski tergenang air.


Oke mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, saya sendiri masih dalam proses belajar dalam bertani lada sambung semoga bermanfaat.