Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Asuransi Kesehatan Yang Ada di Indonesia

Sampai detik ini, pandemi Covid-19 masih saja belum mereda. Hampir setiap hari, kita mendengar berita jumlah penderita yang semakin meningkat. Beberapa ada yang sembuh, beberapa yang lain ada yang meninggal. Dalam kondisi seperti ini, mungkin ada baiknya jika anda mulai mempertimbangkan untuk mempunyai asuransi kesehatan. Apabila di kemudian hari terjadi sesuatu dengan kesehatan anda, maka anda sudah ada yang menjamin dan tentunya tidak akan mengganggu pos keuangan yang lainnya.


Beberapa jenis perlindungan yang ter-cover oleh asuransi kesehatan adalah biaya operasi bedah, biaya opname, dan biaya medis lainnya sesuai yang tercantum di dalam polis asuransi yang anda ikuti. Pihak perusahaan akan meng-cover semua biaya yang dikeluarkan oleh peserta asuransi ketika mengalami sakit atau membutuhkan perawatan sesuai yang tercantum dalam kesepakatan polis. Dengan begitu, anda bisa sedikit lebih lega, sebab biaya kesehatan yang lumayan mahal itu bisa dicover oleh pihak asuransi.

Untuk model pembayarannya, setiap jenis asuransi biasanya memiliki sistem yang sama, termasuk jenis asuransi kesehatan ini. Ada yang mensyaratkan untuk membayar premi setiap bulan, tiap 3 bulan, atau tiap tahun. Jadi silahkan sesuaikan dengan kondisi keuangan anda.

Di luaran sana, ada banyak sekali jenis asuransi kesehatan. Agar anda tidak salah pilih, akan lebih baik jika anda mengetahui jenis-jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Apa saja kah itu? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Asutransi Kesehatan Personal
Seperti namanya, maka asuransi ini bersifat individu. Jadi, ketika ada klaim, maka pihak asuransi akan meninjau terlebih dahulu atas nama siapa yang tercantum di dalam polis tersebut. Asuransi jenis ini tidak bisa digunakan oleh orang lain, dan hanya bisa digunakan sesuai dengan nama yang tercantum di dalam polis tersebut.

Asuransi Kesehatan Kelompok
Asuransi jenis ini akan menanggung biaya kesehatan untuk semua anggota keluarga, bukan atas nama individu. Jadi setiap anggota keluarga yang membutuhkan jaminan kesehatan, maka bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Tentunya dengan konsekuensi biaya premi yang lebih tinggi daripada premi asuransi individu.

Asuransi Kesehatan Swasta
Sesuai namanya, asuransi ini adalah asuransi yang dikelola oleh pihak swasta atau suatu perusahaan. Asuransi jenis ini, biasanya para nasabah akan membayar premi secara penuh. Hal inilah yang seringkali oleh masyarakat umum dianggap mahal. Namun, sebelum memberikan kesimpulan seperti itu, akan lebih baik lagi jika anda juga memahami jenis biaya perawatan apa saja yang ditanggung oleh asuransi swasta tersebut.

Asuransi Kesehatan Pemerintah
Kita sering mengenalnya dengan sebutan BPJS. Asuransi jenis ini preminya lebih murah, karena ada subsidi dari pemerintah. Karena asasnya adalah gotong royong, asuransi jenis ini memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan dengan jenis asuransi swasta.

Nah, itulah beberapa jenis asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Pilihlah asuransi kesehatan sesuai dengan kondisi anda agar manfaatnya bisa segera terasa untuk anda dan juga keluarga.