Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Apa Fungsi Bisnis dalam Ilmu Ekonomi

Ruang Blog Bagi para wiraswasta ataupun pengusaha tujuan mereka berbisnis yakni berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa.
Namun tujuan berbisnis  bagi sebuah perusahaan yakni mendapatkan laba maksimum yang merupakan suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

Fungsi bisnis terbagi menjadi dua yakni menurut  tokoh dan fungsi dalam mikro dan  makro yakni : Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat dikelompokkan ke dalam tiga fungsi dasar, yaitu :
  1. Acquiring Raw Materials ( Memperoleh bahan baku ) Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk dapat membuatnya.
  2. Manufacturing Raw Materials into Products Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. misalnya : dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
  3. Distributing Products to Consumers Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.

Fungsi mikro bisnis
Konstribusi terhadap pihak yang berperan langsung, yakni :
  1. Pekerja atau Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kinerjanya, sedangkan manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan dengan omzet penjualan dan laba.
  2. Dewan Komisaris Mengawasi dan memantau kegiatan manajemen dan memastikan berjalannya kegiatan hingga mencapai tujuan perusahaan.
  3. Pemegang Saham Investor memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap suatu perusahaan.
Fungsi makro bisnis
  1. Masyarakat Sekitar Perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
  2. Bangsa dan Negara Bertanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk membayar pajak.
Elemen-elemen Bisnis
Elemen – elemen bisnis terbagi menjadi empat, yaitu :
  1. Modal ( Capital ) Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
  2. Bahan-bahan ( Materials ) Factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Sumber Daya Manusia ( SDM ) Kualifikasi SDM yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
  4. Keterampilan Manajemen ( Management Skill ) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.