Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Apa itu Materi dan Perubahannya ? Ilmu Fisika

Ruang Blog Materi adalah Segala sesuatu di alam ini yang tergolong ke dalam materi. Pada dasarnya segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dapat digolongkan sebagai materi. Materi dapat berwujud padat, cair, dan gas. Materi berwujud padat mempunyai bentuk tertentu, materi berwujud cair dan gas memiliki bentuk mengikuti bentuk wadahnya. Materi berwujud padat dan cair mempunyai volume tertentu, sedangkan gas memiliki volume yang tidak tentu, tergantungtempatnya.( Agung Nugroho :2009 )

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang atau memiliki volume. Materi dapat mengalami perubahan fisika dan perubahan kimia. Jika suatu materi mengalami perubahan dengan menghasilkan zat baru, maka materi tersebut mengalami perubahan kimia. Jika materi hanya mengalami perubahan wujud atau bentuk, maka tergolong perubahan fisika. ( Anni Winarsih : 2009)

Materi tergolong ke dalam dua perubahan yakni perubahan fisika dan perubahan kimia.

Perubahan Fisika
Pada perubahan fisika, hanya terjadi perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Perubahan ini hanya menimbulkan perubahan wujud zat saja.  Contoh perubahan fisika  yakn Logam besi dipanaskan pada suhu tinggi akan membara, lunak dan mencair. Warnanya pun berubah kemerahan dengan suhu yang sangat panas, namun bila suhunya turun, besi akan kembali seperti semula. Pada perubahan ini, tidak menghasilkan zat baru, sehingga digolongkan perubahan fisika.

Perubahan kimia
Perubahan pada zat yang menimbulkan zat yang baru disebut perubahan kimia. Contoh yakni Pernahkah kamu menggunakan obat nyamuk bakar? Apa yang terjadi pada obat nyamuk setelah terbakar? Obat nyamuk yang dibakar akan menimbulkan bau, asap, dan abu. Abu, asap, dan bau yang terjadi merupakan zat baru hasil pembakaran. Zat baru tersebut tidak dapat dikembalikan ke bentuk asalnya. Hal ini disebabkan susunan materinya mengalami perubahan setelah mengalami pembakaran. Besi yang berada di alam bebas lama kelamaan akan berkarat atau mengalami korosi. Peristiwa itulah yang di sebut perubahan kimia.