Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Makalah Masyarakat Sebagai Sistem Sosial Budaya Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan telah lahir jauh sebelum lahirnya (secara formal) masyarakat Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda pada tannggal 28 Oktober 1928 antara lain merupakan bukti yang jelas. Peristiwa ini merupakan suatu konsensus nasional yang mampu membuat masyarakat Indonesia terintegrasi di atas gagasan Bhineka Tunggal Ika.

Indonesia Merupakan negara yang memiliki susunan masyarakat dengan ciri pluralitas yang tinggi, karena sistem sosial dan budaya masyarakat Indonesia sangat heterogen secara vertikal maupun horizontal. Akibat heterogenitas masyarakat Indonesia ialah terjadinya rawan konflik. Untuk meredam konflik diperlukan pemahaman tentang pluralitas dan mengetahui serta memahami sistem sosial Indonesia.

Dengan semakin majunya zaman, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebudayaan atau budaya Indonesia semakin tidak di perhatikan keberadaanya, bahkan belakangan ini banyak sekali budaya Indonesia yang diklaim oleh pihak lain, dan mungkin mereka lebih peduli daripada kita yang memilikinya. Indonesia adalah Negara yang kaya, subur dan seharusnya juga makmur. Tapi apa yang terjadi?. Sedikit mengenai Sistem Sosial dan Budaya di Indonesia, dalam kurun waktu yang singkat ini banyak penyimpangan-penyimpangan dari Sistem Sosial dan Budaya itu sendiri, bukan orang lain yang melakukannya, dan anehnya itu dilakukan oleh kita sendiri sebagai bangsa Indonesia yang seharusnya menjaga nilai-nilai kebudayaan tersebut. Jika hal ini dibiarkan berlanjut, maka Negara Indonesia akan hilang jatidirinya sebagai Negara pancasila.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, kami membatasi makalah dengan menggunakan rumusan masalah sebagai berikut.
1.      Apakah sistem sosial budaya Indonesia?
2.      Bagaimana pola pikir, pola tindak, dan fungsi sistem sosial budaya Indonesia?
3.      Bagaimana proses sistem sosial budaya Indonesia?

1.3  Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah ditentukan, berikut kami uraikan tujuan dari penulisan makalah ini, yakni sebagai berikut.
1.      Untuk memaparkan tentang sistem sistem budaya Indonesia.
2.      Untuk memaparkan tentang pola pikir, pola tindak, dan fungsi sistem sosial budaya Indonesia.
3.      Untuk memaparkan proses sistem sosial budaya Indonesia.