Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Apa Itu Awan Panas Saat Gunung Merapi Meletus

Ruang Blog Pengertian Awan Panas adalah aliran suspensi dari batu, kerikil, pasir, dan abu vulkanik yang keluar bersamaan dengan gas vulkanis saat gunung meletus. Aliran ini disebut sebagai awan panas, dikarenakan pasir, abu dan kerikil yang saling bergerak dengan gas vulkanik, membentuk gulungan yang terlihat seperti awan yang jatuh. Awan panas mengandung gas vulkanik, oleh karena itu awan panas memiliki suhu yang sangat panas. Temperatur awan panas sangat tinggi dapat mencapai 100 hingga 1000 derajat celcius.


Awan panas biasanya akan bergerak dari pucak gunung menuju kebawah. Pergerakan awan panas akan ditentukan dengan aliran- aliran sungai yang ada di sekitar gunung merapi. Daya luncur kecepatan awan panas tergantung dari besaran daya dorong gas kepada kepundan. Jarak jangkauan awan panas tergantung pada tekanan gas, sehingga mempengaruhi kecepatan, juga oleh hembusan angin dan kemiringan lereng gunung. Jika angin berhembus kencang, awan panas akan dapat bergerak dengan cepat hingga beberapa kilometer. Arah awan panas ini dapat keluar dari sisi mana saja dari puncak gunung. Hal ini dikarena oleh kubah gunung yang lebih dari satu. Sehingga ilmuwan sulit memprediksi dimana awan panas akan meluncur.

Dampak Awan Panas
Awan panas adalah salah satu material yang dikeluarkan oleh gunung api. Karena berasal dari gunung api, awan panas memiliki suhu yang tinggi dan mampu menghanguskan sekitar. Akan tetapi ada dampak lain yang ditimbulkan oleh awan panas. Yaitu:
  1. Suhu yang sangat tinggi dari awan panas akan menghanguskan apapun yang dilewati awan panas.
  2. Awan panas berisi material batuan, maka awan panas mampu menghancurkan daerah sekitarnya yang dilalui.
  3. Awan panas membuat debu dan abu vulkanik dapat terbang kemana- mana, dan sangat  berbahaya jika terus menerus dihirup oleh manusia.
  4. Awan panas dapat berlangsung lama dan berhari- hari tergantung jika masih ada sisa tekanan dan gas vulkanik pada gunung merapi.
  5. Abu dari gunung merapi yang terbawa oleh angin, mampu menggelapkan suatu daerah di sekitarnya. Selain itu pasir yang berterbangan, dapat menimbun dan mengotori satu daerah yang terkenak dampak.