Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Begini Ciri-Ciri Pohon Malada Sabungan Lada

Ruang Blog Pohon Melada berasal dari Amerika, tepatnya di hutan Amazon. Nama ilmiah Melada ialah PIPER COLUBRINUM, sedangkan di indonesia awalnya di temukan di hutan kalimantan. Melada merupakan salah satu tanaman yang bisa disambung dengan pohon Lada (Merica) teknik sambungan ini sangat ampuh mengatasi penyakit busuk akar yang biasa menyerang pohon Lada saat musim hujan.

Ciri Ciri Pohon Melada
Tanaman melada mempunyai batang berbentuk Bulat beralur dengan warna batang muda hijau muda dan batang tua berwarna hijau tua. Panjang ruas batang ± 5,8 , 1,50 cm dan mempunyai percabangan batang menggarpu seperti pada batang lada ciinten. Melada mempunyai daun berbentuk jorong meruncing dengan warna hijau muda untuk daun muda dan hijau gelap untuk daun tua dengan ujung meruncing, tangkai daun beralur dengan warna hijau tua, pangkal daun membuat dan tepi daun rata. Bentuk tulang daun menyirip dengan permukaan agak licin. Akar pohon melada terdiri dari akar bawah dan akar jangkar ukurannya lebih besar yang turun ketanah.

Pohon Melada

Bentuk Pohon Melada
Bagian akar dan biji tanaman melada berguna untuk obat karena mengandung zat kimia Piperlongumine, peppeyartin dan pepparin. Tanaman ini telah ditemukan kebal terhadap Busuk Pangkal Batang (BPB) penyebab jamur Phytophthora Capsici yang umum terdapat pada tanaman lada (Piper Nigrum) dan tahan terhadap nematoda yang menyebabkan simpul akar pada tanaman lada. Tanaman melada sangat cocok di kombinasikan dengan lada dan karenanya digunakan sebagai batang bawah untuk pencangkokan atau di gunakan untuk melada sambung tanaman lada.