Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa BLT Dana Desa Belum Cair Terlambat Cair

Ruang Blog Kenapa Bantuan Langsung Tunai BLT belum cair ? BLT Dana Desa senilai Rp300 ribu ini yang disalurkan oleh Kementerian Desa (Kemendes) untuk warga yang tergolong agar dapat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian Indonesia dalam masa pande covid 19. Program dari Kemendes ini disalurkan berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dimana digunakan untuk Jaring Pengaman Sosial (JPS). 


1. Peralihan jabatan kepala desa masih dijabat oleh pejabat sementara sehingga masih belum bisa dilakukan finalisasi karena takut akan diganti mendadak.  ini juga menjadi penyebab kenapa BLT dana Desa belum juga cair

2. Sedang terjadi konflik antara kepala desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga tidak bisa dilaksanakan musyawarah desa. Dengan demikian penyusunan APBDes nya juga tidak bisa dilakukan hal sepele ini menjadi penyebab kenapa BLT dana Desa belum juga cair.

3. Ketidak lengkapnya administrasi yang ditemukan pada laporan pertanggung jawaban di tahun yang lalu sehingga tidak bisa disalurkan anggarannya sebelum hal tersebut diselesaikan.  hal ini juga menjadi penyebab kenapa BLT dana Desa belum juga cair

4. Daerah-daerah yang sulit dijangkau sehingga tidak dapat dicairkan sekaligus, tidak setiap bulan dicairkan, dikarena ada desa yang biaya untuk menuju ke sana biayanya lebih besar dari pada BLT Dana Desanya hal ini juga menjadi penyebab kenapa BLT dana Desa belum juga cair.

5. Masih ada Desa yang terlambat dalam melakukan musyawarah desa MUSDES untuk penentuan daftar penerima manfaat bantuan langsung tunai ini juga mempengaruhi terlambatnya pencairan BLT dana desa.

6. Ada juga masalah Desa yang berada di pelosok sehingga sulit untuk dijangkau dan memakan banyak waktu. Tidak semua desa-desa berada di wilayah yang mudah dijangkau, misalnya beberapa desa di Papua, Maluku yang membutuhkan waktu yang cukup lama menuju lokasi hal ini juga menjadi penyebab kenapa BLT dana Desa belum juga cair.

Itulah enam penyebab kenapa BLT dana desa belum cair atau terlambat cair.

Posting Komentar untuk "Kenapa BLT Dana Desa Belum Cair Terlambat Cair "