Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Apa Itu Crypto Mata Uang Virtual Yang Dijamin Oleh Cryptography

Ruang Blog Apakah Itu Crypto Seperti apakah itu mata uang Crypto? Cryptocurrency biasa juga disebut crypto ialah sebuah mata uang virtual yang sudah dijamin oleh cryptography. Definisi lain dari mata uang kripto adalah mata uang yang digunakan untuk bertransaksi satu orang dengan orang lain secara online. Mata uang Crypto mulai populer di Indonesia, juga di luar negeri. Pada Februari 2020, terdapat 10 negara yang masyrakatnya memiliki uang kripto dalam jumlah banyak. Salah satu negara yang menggunakan Crypto adalah Nigerian egara ini  merajai posisi dengan persentase 34 persen diikuti dengan Vietnam dan Filipina dengan persentase sebesar 21 persen dan 20 persen.



Masyarakat Nigeria menggunakan ponsel android untuk menggunakan dan mengirimkan uang melalui transaksi di berbagai toko. Dan di Nigeria uang kripto digunakan untuk opsi pembayaran pada toko online. Maka masyarakat Nigeria sangat akrab dengan uang kripto. Secara sederhana uang kripto dapat diartikan sebagai uang digital. Namun ketika Anda ingin berinvestasi di cryptocurrency ada beberapa istilah penting yang harus dipahami. 

Berikut ini istilah-istilah penting yang harus kita pahami dalam menggunakan Uang Crypto : 

Bull market: istilah yang digunakan saat kondisi pasar sedang naik. 
Market bear: kebalikan dari bull market, market bear atau bear market merupakan istilah ketika pasar tengah menurun. 

FOMO atau Fear of Missing Out: istilah yang digunakan untuk menyebut investor yang umumnya pemula yang masih belajar dan mudah untuk mengikuti orang lain. 

Pump and Dump: istilah ini digunakan untuk menggambarkan strategi yang sedang dilakukan investor crypto. Pump digunakan ketika harga mata uang tersebut sedang meningkat, sedangkan dump istilah yang digunakan saat harga mata uang sedang turun. 

Whale: istilah ini digunakan untuk menyebut mereka yang memiliki uang kripto dalam jumlah besar, minimal 5 persen dari seluruh aset digital yang disimpan di pasar kripto. 

FUD atau Fear, Uncertainty, and Doubt: merupakan istilah stratgei yang digunakan para investor jika ingin menurunkan harga uang kripto supaya mereka bisa membeli dengan harga murah. 

HODL: istilah yang digunakan untuk permainan kata yang diacak atau anagram. 

Rekt: istilah yang digunakan untuk menyebut pemain yang kalah. Dalam investasi, istilah ini digunakan untuk mereka yang salah dalam mengambil keputusan misal menjual saat harga murah dan membeli saat harga sedang mahal. 

No Cointer: istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki aset crypto atau untuk mereka yang menjual seluruh mata uang kripto yang mereka miliki. 

To The Moon: istilah untuk menggambarkan uang kripto yang sedang naik bahkan mencapai puncak mulai dari nilai sampai jumlah penjualan. 

Cryptoses: merupakan istilah yang digunakan untuk rasa antusias atau rasa penasaran yang tinggi terhadap mata uang kripto.

Sejak mulai booming, crypto mendapatkan banyak respons dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa sampai para ahli untuk memberikan pendapatnya. Di antara pendapat banyak orang tentu saja ada yang pro dan ada juga yang kontra. Mereka yang pro dengan uang kripto beranggap bahwa uang kripto: 

Terhindar dari inflasi. Biaya transaksinya murah, praktis, dan cepat. Fleksibel atau tak berafiliasi dengan bank. Keuntungannya jelas. Sementara itu, mereka yang kontra berpendapat bahwa  cryptocurrency: Fluktuasi nilainya tinggi. 

Tidak ada aturan yang mengatur prihal pemberhentian perdagangan sementara. Tidak memiliki aset dasar atau underlying asset. Dan tidak memiliki legalitas bank sentral Terlepas dari pro dan kontra uang kripto, ternyata masih banyak orang menggunakan mata uang tersebut untuk berinvestasi. Begitulah penjelasan tentang apa itu crypto, pro kontra uang kripto dan beberapa istilah dalam cryptocurrency yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk memiliki mata uang digital ini.

Itulah penjelasan mengenai mata uang virtual Crypto.