Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Penerima PKH On Line di Tahun 2022

Ruang Blog - Cara daftar PKH Online di Tahun 2022, Tahun ini pemerintah indonesia masih kembali menurunkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin yang sangat membutuhkan. bansos DAFTAR Program Keluarga Harapan (PKH). Baca Juga Berikut Cara Daftar dan Syarat Dapat Bansos Anak Sekolah Rp 4,4 Juta


Pada umumnya bantuan PKH ini ditujukan untuk masyarakat yang termasuk dalam kategori Keluarga Miskin (KM). Dngan tujuan utama dari program Daftar PKH ini untuk memberi manfaat kepada keluarga miskin atau kurang mampu, khususnya pada ibu hamil dan anak-anak agar bisa mendapatkan fasilitas kesehatan (faskes) serta fasilitas pendidikan (fasdik). Baca Juga Ternyata Begini Syarat dan Cara Dapat Bansos Pangan dan Minyak Goreng Cair Rp 900 Ribu


Pada BANSOS tahun 2021 lalu, PKH memiliki bantuan setiap tahun sebesar:
  1. 3.000.000 untuk ibu hamil/nifas
  2. 3.000.000 untuk anak usia 0-6 tahun
  3. 900.000 untuk pendidikan anak SD/Sederajat
  4. 1.500.000 untuk pendidikan anak SMP/Sederajat
  5. 2.000.000 untuk pendidikan anak SMA/Sederajat
  6. 2.400.000 untuk penyandang disabilitas berat
  7. 2.400.000 untuk masyarakat yang sudah lanjut usia (lansia)
Di tahun 2022 ini, melalui program PKH pemerintah kembali menurunkan anggaran Bansos sebesar Rp28,7 Triliun. Seperti tahun sebelumnya penyaluran bansos PKH pada tahun ini akan dilakukan 4 tahap,setiap 3 bulan sekali. Target pemerintah penerima bansos di tahun 2022 ini berkisar hingga 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).Begini Cara dan Syarat Daftar Bansos PKH Kemensos 2022 Agar Diterima BACA DISINI

Data penerima bansos PKH tahun 2022 telah terlampir di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos PKH 2022 atau tidak, Anda dapat mengeceknya secara mandiri melalui aplikasi Cek Bansos.

Cek Bansos merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kemesos RI. Jika setelah di cek nama Anda tidak terdaftar dalam penerima bansos PKH 2022, maka Anda dapat melakukan pendaftaran secara mandiri.

Cara Mendaftar Menjadi Penerima PKH 2022

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) jika nama Anda tidak ada dalam daftar tersebut (DTKS), dan Anda memenuhi syarat untuk menerima PKH, maka Anda dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui aplikasi Cek Bansos. Aplikasi Cek Bansos ini tidak hanya dapat Anda gunakan untuk mengecek apakah Anda terdaftar dalam DTKS atau tidak, namun juga dapat Anda gunakan untuk mendaftar bansos PKH 2022.

Dalam aplikasi ini, terdapat fitur “Daftar Usulan” yang memungkinkan Anda untuk mengusulkan diri sendiri atau orang lain yang ada di sekitar untuk mendapatkan bantuan sosial. Caranya pun cukup mudah, yang perlu Anda lakukan adalah:
  1. Download aplikasi Cek Bansos di PlayStore atau AppStore.
  2. Kemudian, buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan klik “Buat Akun Baru”.
  3. Masukkan data diri yang sesuai pada form yang tersedia.
  4. Unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP.
  5. Jika semua data sudah lengkap dan sesuai, langsung klik “Buat Akun Baru”.
  6. Setelah registrasi akun berhasil, buka kembali aplikasi Cek Bansos dan pilih menu “Daftar Usulan”.
  7. Masukkan kembali data diri yang sesuai pada form yang tersedia.
  8. Pada form pilih bansos, pilih jenis bansos PKH.

Setelah semua terisi, maka akan muncul tanda keberhasilan. Tanda keberhasilan ini dapat dilihat dari adanya keterangan data berhasil diusulkan dan tertera data diri Anda seperti nama, NIK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian wilayah pengusul.

Selanjutnya, nanti akan dilakukan verifikasi dan validasi data oleh Kemensos terhadap data yang Anda masukkan saat pendaftaran onlne. Anda diharapkan untuk bersabar karena proses verifikasi dan validasi data membutuhkan waktu. Proses verifikasi dan validasi ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda yang mendaftar berhak mendapatkan bansos PKH 2022 atau tidak.

Jika anda yang telah mendaftar dapat mengecek apakah Anda lolos sebagai penerima bansos PKH 2022 dengan mengakses situs resmi cekbansos.kemensos.go.id atau lewat aplikasi Cek Bansos tadi. Pengecekan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan nama lengkap sesuai KTP, dan wilayah administrasi sesuai domisili.


14 komentar untuk "Cara Daftar Penerima PKH On Line di Tahun 2022"

  1. Apakah semua ini benar adanya

    BalasHapus
  2. Saya ingin mendaftarkan kan diri sbgi anggota PKH

    BalasHapus
  3. Saya ingin mendaftar PKH

    BalasHapus
  4. Saya mau mendaftar kan jadi anggota PKH.

    BalasHapus
  5. Saya mau mendaftarkan pkh

    BalasHapus
  6. Saya mau mendapatkan pkh

    BalasHapus
  7. Saya mau daptar pkh

    BalasHapus
  8. Saya mau daptr pkh

    BalasHapus
  9. Tolong masukin istri saya anggota pikaha atas nama Rini puspita

    BalasHapus
  10. Masukin nama Rini puspita jadi anggota pkh

    BalasHapus
  11. Saya mau daftar pkh rismi yanti

    BalasHapus
  12. saya mau dapat bantuan pkh ..
    buat bantu kebutuhan keluarga

    BalasHapus
  13. pak saya udah punya kartu pkh tapi ngak dapat,gimna ngurusnya pak

    BalasHapus

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda