Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Menabung Emas Dalam Jangka Panjang Sangat Menguntungkan

Ruang Blog - Dalam jangka panjang, harga emas cenderung naik sehingga dapat menguntungkan. Berdasarkan data harga jual emas batangan atau logam mulia produksi PT Antam Tbk. Selama 10 tahun terakhir, harga emas sudah naik 105 persen atau lebih dari dua kali lipat. Hal ini yang membuat investasi emas dalam jangka panjang asih sangat menguntungkan


Untuk investasi emas jangka panjang adalah dengan menjadikannya sebagai alat diversifikasi portofolio. Harga emas memiliki korelasi yang rendah dengan kelas aset lainnya, sehingga sang logam mulia ini cocok menjadi aset lindung nilai saat nilai aset lainnya turun. 

Sebagai contoh, anggap saja kamu berinvestasi emas dengan porsi 20% dari seluruh nilai portofolio sementara 80% sisanya kamu tanamkan di dalam saham. Ketika tren harga saham naik (bullish), kamu mungkin merasa nyaman saja dengan harga emas yang relatif datar dan adem ayem saja. Namun pada saat pasar turun (bearish) misalnya karena krisis keuangan atau pandemi, posisi emas tersebut akan menyelamatkan nilai portofolio secara keseluruhan saat harga-harga saham turun oleh berita negatif. 

Karena harga emas naik karena terjadinya krisis, maka aset emasmu bisa dijual secara menguntungkan dan dananya kemudian dipakai untuk membeli saham yang harganya sedang “obral”. Nah, aksi memindahkan uang dari satu aset yang harganya naik ke aset lain yang harganya kamu ramal akan naik disebut dengan rotasi.

Berinvestasi emas tidak hanya membeli emas secara fisik, akan tetapi dapat dilakukan secara online dengan cara yang praktis serta modal yang terjangkau. Apabila ingin berinvestasi emas secara online, memperhatikan terlebih dahulu aspek legalitas yang dimiliki, dimana lembaga keuangan tersebut telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)