Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Berapa Iuran BPJS Kelas 1, 2, dan 3? Berikut Daftarnya Iurannya

Ruang Blog - Berapa Iuran BPJS Kelas 1, 2, dan 3? Berikut Daftarnya Iurannya Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2022 Berapakah iuran BPJS kelas 1 2 3 ? Belum dihapusnya kelas BPJS Kesehatan tentang peraturan yang baru yang belum digunakan, maka saat ini BPJS masih memberlakukan bayaran iuran  kelas 1, 2, dan 3. Iuran BPJS Kesehatan masih mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.


Berikut Iuran perbulan  BPJS Kesehatan Kelas I II dan III
  1. Tarif Iuran BPJS kesehatan untuk kelas I sebesar Rp 150 ribu per bulan
  2. Tarif Iuran BPJS kesehatan untuk kelas 2 Rp 100 ribu per bulan
  3. Tarif Iuran BPJS kesehatan untuk kelas 3 Rp 35 per bulan

Namun, untuk saat ini iuran BPJS kesehatan secara rinci belum ditetapkan. Sebab, pemerintah masih mempertimbangkan banyak faktor seperti opsi pendanaan lain hingga subsidi dari pemerintah. Perhitungan iuran BPJS Kesehatan ini akan dilakukan berdasarkan tarif, yang perlu dibayar oleh BPJS Kesehatan ke penyedia fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas. Perubahan kelas akan menjadikan biaya iuran BPJS Kesehatan yang lebih tinggi.

Dalam ketetapan tarif iuran BPJS Kesehatan ini masih dikaji dan dibahas oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, DJSN dan BPJS Kesehatan. Itulah daftar Iuran perbulan  BPJS Kesehatan Kelas I II dan III.