Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Alasan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan Kepada Indonesia

Ruang Blog - Ternyata Ini Alasan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan Kepada Indonesia Pada tahun 1944 Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dengan tujuan utama memberikan janji tersebut untuk menarik simpati rakyat agar membantu Jepang dalam Perang Asia-Pasifik.

Sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945, Saat itu jepang sempat memberikan janji kepada bangsa Indonesia.  Dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan dari pemimpin sekaligus rakyat Indonesia. Dikarenakan, pada saat itu, Posisi Jepang yang sudah terdesak oleh pasukan Sekutu dan mulai kalah pada Perang Dunia II. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan janji kemerdekaan yang disebut dengan Janji Koiso. Janji Koiso ini disampaikan oleh Perdana Menteri Kuniaki Koiso pada 7 September 1944 dalam sidang istimewa Teikoku Henkai ke-85 di Tokyo. Janji ini berisi janji dari Kekaisaran Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia suatu saat nanti dengan tujuan Jepang memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia adalah supaya rakyat mau membantunya menghadapi perang melawan Sekutu.

Dalam memperlancar tujuannya Jepang mengangkat pemimpin-pemimpin rakyat, pemimpin agama, guru dan pemimpin nasionalis. Selain itu pemerintah Jepang juga merangkul pemimpin Islam dan para priyayi yang pada saat itu para pemimpin mayoritas di Indonesia memeluk agama Islam.

Saat itu Jepang sangat membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk melawan sekutu membuat pembukaan kesempatan bagi para pemuda untuk menjadi prajurit dengan pengawasan ketat pihak oleh  Jepang . Setelah organisasi terbentuk mereka semua diberi latihan dasar yang sama dengan serdadu Jepang seperti baris berbaris, taktik menggunakan senjata dan taktik berperang.

Sampai akhirnya sekutu dapat menguasai dan mendesak tentara Jepang dalam perang Pasifik. Bermula dari hal tersebut Jepang mulai banyak memberikan konsesi kepada Indonesia baik di bidang politik maupun militer

Nah itulah ulasan singkat mengenai mengapa Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan Kepada Indonesia dengan tujuan utama memberikan janji tersebut untuk menarik simpati rakyat agar membantu Jepang dalam Perang Asia-Pasifik. Semoga Bermanfaat