Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jawaban Alasan Jepang Membentuk BPUPKI dan PPKI

Ruang Blog -  Inilah Jawaban Alasan Jepang Membentuk BPUPKI dan PPKI adalah pada akhir 1944 posisi jepang semakin terdesak dan telah mengalami kekalahan dimana-mana pada Perang Asia Pasifik. Pada saat itu juga  terjadi pemberontakan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan alasan itulah maka Jepang membentuk BPUPKI karena merasa sudah sangat terdesak pada perang asia pasifik.


Badan Penyelidik Usaha-usaha persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI dibentuk oleh Jepang pada tanggal 29 April 1945 M. Tugas BPUPKI saat itu adalah Merencanakan organisasi pemerintah nasional yang akan menerima kemerdekaan dari pihak Jepang dan Membuat rancangan (Undang - Undang Dasar) UUD untuk negara Indonesia merdeka.

Maka itu, untuk mengurangi pemberontakan yang oleh rakyat Indonesia diberbagai daerah dan memenangkan niat baik agar mendapat dukungan rakyat Indonesia dalam perang, Saat itu Perdana Menteri Koiso memutuskan untuk mengizinkan kemerdekaan kepada Indonesia dalam waktu dekat. Untuk mengakomodir perintah tersebut,  dibentuk BPUPKI untuk memulai persiapan kemerdekaan Indonesia. 

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak tiga kali. Sidang resmi pertama dilaksanakan pada 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang dasar negara. Sidang resmi kedua pada 10-17 Juli 1945 membahas rancangan Undang-Undang Dasar.

Di antara masa persidangan pertama dan kedua tersebut BPUPKI mengadakan sidang tidak resmi yaitu sidang yang dilaksanakan pada masa reses (masa istirahat dari kegiatan persidangan). BPUPKI bersidang untuk membahas usul-usul rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Itulah jawaban Alasan Jepang Membentuk BPUPKI dan PPKI posisi jepang semakin terdesak dan telah mengalami kekalahan dimana-mana pada Perang Asia Pasifik semoga jawaban yang singkat ini membantu.