Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah Pilih Berikut Jurusan Yang Cocok Untuk Kerja di Bank

Ruang Blog - Kamu tertarik ingin bekerja di sebuah bank? Jika iya, maka sebaiknya kamu harus memahami terkait jurusan apa yang cocok untuk kerja di bank. Sebab tidak semua jurusan akan diterima ketika kamu melamar di sebuah bank.

Fakta dilapangan memang menunjukkan bahwa dunia pekerjaan yang banyak dilirik oleh para fresh graduate adalah pekerjaan di dunia perbankan. Banyak diantara mereka yang rela mendaftar berkali-kali agar bisa bekerja di sebuah bank. Apakah kamu salah satunya?

Sebenarnya ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih ketika memang sejak awal kamu ingin bekerja di bank. kamu sudah tahu belum apa saja jurusan tersebut? Jika kamu belum tahu, mungkin informasi di bawah ini bisa membantumu untuk menentukan jurusan yang tepat dengan kemampuanmu.

Alternatif 5 Jurusan yang Cocok untuk Kerja di Bank

Ketika memasuki fase akhir di SMA atau yang sederajat, biasanya ada saja siswa yang masih bingung untuk menentukan pilihan jurusan yang mau diambil saat kjliah nanti. Namun, ada juga yang sudah punya pilihan sejak awal dan sudah menentukan jalur karir yang akan mereka pilih. Nah, kamu yang termasuk yang mana?

Sumber : https://c.pxhere.com/images/d2/78/3ac354451218d2a60898fa19c5d6-1439097.jpg!d

Jika kamu termasuk yang masih bingung menentukan pilihan, namun kamu ingin sekali bekerja di bank, maka akan kami berikan beberapa alternatif jurusan kuliah yang bisa kamu jadikan pilihan atau rekomendasi. Berikut adalah beberapa alternatif jurusan tersebut.

  1. 1. Jurusan Psikologi

Psikologi menjadi salah satu alternatif jurusan yang bisa kamu pilih jika hendak menjadi pegawai bank. Mengapa demikian? Sebab, ilmu psikologi merupakan ilmu yang belajar terkait tingkah laku manusia. bahkan jurusan ini tidak hanya dibutuhkan oleh bank saja, namun hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan kemampuan ini.

Dengan kemampuan ini, mahasiswa lulusan jurusan psikologi biasanya akan ditempatkan di bidang HRD atau personalia perusahaan. Tugas bidang ini adalah mengelola sumber daya manusia, termasuk di dalamnya untuk melakukan evaluasi kinerja dari setiap karyawan yang ada di bank tersebut.

  1. 2. Jurusan Hukum

Jika muncul pertanyaan, jurusan apa yang cocok untuk kerja di bank? Maka jurusan hukum adalah salah satunya. Jika kamu lulusan jurusan hukum dan ingin melamar kerja di sebuah bank, maka posisi yang cocok untukmu adalah sebagai enabler.

Posisi enabler tidak hanya membatasi ruang gerak pada satu bidang saja, akan tetapi posisi ini juga bisa masuk ke berbagai ranah, misalnya auditor hukum, auditor resiko dan umum, hingga masuk ke ranah dukungan organisasi.

Dengan posisi yang cukup penting seperti itu, amak tidak heran ketika banyak sekali bank di Indonesia yang membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan hukum untuk bekerja di perusahaan mereka.

  1. 3. Jurusan Ekonomi Syariah

Akhir-akhir ini paradigma masyarakat tentang bank syariah semakin menguat saja. hal ini tentunya akan berefek positif pada jurusan ekonomi syariah yang semakin dibutuhkan. Sebenarnya ilmu yang diajarkan di jurusan ini, tidak berbeda begitu jauh dengan jurusan ilmu ekonomi pada umumnya. Sehingga sarjana lulusan ekonomi syariah ini juga sangat dibutuhkan di dunia perbankan syariah dan juga perbankan konvensional.

Ditambah lagi dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai beralih dari bank konvensional ke bank syariah. Jumlah bank syariah di Indonesia pun juga semakin bertambah seiring bertambahnya waktu. Maka dari itu, peluang para mahasiswa jurusan ekonomi syariah untuk bekerja di bank akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

  1. 4. Jurusan Manajemen

Jurusan ini merupakan jurusan yang paling luas peluang kerjanya. Bahkan tidak hanya peluang di dunia bank saja, namun juga peluang kerja di ranah perusahaan yang lebih umum.

Jika kamu sedang kuliah di jurusan manajemen dan ingin bekerja di bank ketika lulus nanti, maka bidang yang cocok untuk menerapkan ilmu jurusan ini adalah bagian manajemen keuangan perbankan.

Fokus kerja manajemen keuangan adalah mempelajari teknik serta analisa keuangan. Apabila sarjana lulusan jurusan manajemen bekerja di bank, maka posiis yang cocok dengan keilmuannya adalah adalah sebagai enabler, marketing, sistem pembayaran serta pengelolaan mata uang rupiah, SPPUR, stabilitas sistem keuangan, dan posisi lainnya yang masih berhubungan.

  1. 5. Jurusan Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang begitu pesat akan memaksa setiap perusahaan, termasuk juga perusahaan perbankan, membutuhkan karyawan yang paham dengan dunia IT atau pemrograman. Fokus kerja sarjana teknik informatika adalah pada pengembangan berbagai macam aplikasi yang bisa menunjang kinerja perusahaan, baik itu yang berhubungan dengan perusahaan ataupun yang berhubungan dengan pelayanan konsumen.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat, maka perusahaan perbankan harus update dengan berbagai macam fasilitas teknologi yang bisa membuat mereka semakin nyaman bertransaksi di perusahaan mereka. Disinilah peran penting sarjana teknologi informatika, sehingga tidak jarang perusahaan yang berani membayar mahal untuk kemampuan spesial seperti ini.

Itulah jurusan yang cocok dan bisa kamu ambil jika kamu ingin berkarir di dunia perbankan. Apakah hanya terbatas pada jurusan itu saja? Tentu saja tidak, masih banyak jurusan lain yang juga dibutuhkan di bank, seperti jurusan perbankan itu sendiri, jurusan hubungan internasional, jurusan ilmu ekonomi, jurusan statistika, jurusan administrasi perkantoran, jurusan akuntansi, dan lain sebagainya.

Jadi, kamu tidak perlu bingung lag ketika muncul pertanyaan seputar jurusan apa saja yang cocok untuk kerja di bank. Ada banyak pilihan alternatif jurusan yang bisa kamu pilih, baik jurusan yang khusus atau jurusan yang sifatnya lebih umum. Silakan kamu bisa memilih jurusan mana yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri.