Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERLU DICOBA 5 IDE BISNIS YANG COCOK UNTUK DI KAMPUNG

Ruang Blog - Ingin merintis usaha di kampung halaman? Tak perlu bingung, berikut ini beberapa alternatif peluang bisnis yang cocok untuk di kampung atau desa.

PERLU DICOBA 5 IDE BISNIS YANG COCOK DAN MENGUNTUNGKAN UNTUK DI KAMPUNG / PEDESAAN

Sumber : https://live.staticflickr.com/7861/32105009907_f18150e900_b.jpg

Sebagian besar orang memiliki pola pikir bahwa di kota terbuka lebar berbagai macam peluang untuk memulai usaha. Sehingga banyak sekali orang kampung yang merantau ke kota. Padahal, tanpa dia sadari bahwa peluang bisnis yang cocok untuk di kampung pun juga terbuka sama luasnya di kota.

Jadi, bisnis itu tidak hanya berjalan baik pada kultur perkotaan saja, melainkan kultur pedesaan pun juga memiliki peluang yang sama. Bahkan pada beberapa poin tertentu, justru malah lebih besar potensinya.

Mengapa Bisnis di Kampung bisa Sangat Potensial?

Ada beberapa alasan yang membuat bisnis di kampung bisa lebih potensial daripada bisnis di perkotaan. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

  1. Belum banyak kompetitornya, karena memang yang mempunyai bisnis masih terbilang sangat sedikit. Maka otomatis saingan Anda juga akan berkurang.
  2. Jika kamu beruntung, bahkan kamu tidak harus mengeluarkan biaya sewa bangunan atau lahan, karena terkadang ada bangunan atau lahan yang menganggur dan boleh kamu gunakan sebagai modal awal.
  3. Di kampung biasanya tidak terlalu banyak pilihan tempat untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa, sehingga jika kamu bisa hadir dengan sesuatu yang lebih komplit, maka peluang diserbu pelanggan akan jauh lebih besar.

Jadi, sebenarnya membuka bisnis atau usaha di kampung atau di kota kitu tidak ada bedanya. Jika orang lain bisa sukses di ibu kota, maka kamu pun juga bisa merintis kesuksesanmu mulai dari kampung halaman.

Lalu, bisnis yang cocok untuk di kampung itu apa saja ya? Ada banyak pilihan sebenarnya, tinggal kreatif kita saja untuk melihat setiap peluang dengan lebih jeli. Nah, jika kamu masih bingung menentukan mau usaha apa, mungkin beberapa alternatif ini bisa kami pilih.

Daftar Peluang Bisnis yang Cocok Untuk Pemula di Kampung

Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha yang bisa kamu lakukan di kampung. Kamu bisa memilih salah satunya jika kamu masih bingung hendak memulai usaha apa.

  1. 1. Jasa Pangkas Rambut

Jenis usaha ini termasuk usaha yang potensinya cukup besar, karena jumlah pangkas rambut yang ada di kampung tidka begitu banyak. Dengan adanya pangkas rambut di kampung tersebut, orang-orang sekitar tidak perlu lagi pergi jauh-jauh hanya untuk memotong rambutnya.

Kamu hanya perlu melatih skill memotong rambut yang bisa kamu dapatkan dari pelatihan-pelatihan baik offline maupun online. Banyak juga tutorial memotong rambut yang bisa kamu dapatkan di YouTube.

  1. 2. Usaha Ternak Ayam

Ternak ayam adalah salah satu jenis bisnis yang cocok untuk di kampung, karena masih banyak sekali tersedia lahan kosong yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat penampungan ayam-ayam tersebut.

Modal yang dibutuhkan pun juga bisa dibilang tidak terlalu besar. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas ayam yang bisa kamu tampung atau pelihara. Dengan masih tersedianya lahan kosong, kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu tetangga sekitar karena efek bau kotoran ayam.

Terlebih lagi minat masyarakat yang terbilang masih sangat tinggi untuk produk ayam, tentunya akan membuat usaha ini lebih menguntungkan bagi kamu. Kamu bisa menjualnya utuh, per bagian, bahkan juga telurnya, sehingga potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan semakin besar.

  1. 3. Tempat Cuci Motor

Orang di kampung maupun di kota, hampir semuanya memiliki motor sebagai kendaraan sehari-hari. Maka, membuka tempat cuci motor bisa jadi peluang bisnis yang cukup bagus, terlebih lagi jika memang kamu ada hobi yang berhubungan dengan otomotif.

Semua orang pada umumnya ingin motornya terlihat dalam kondisi bersih, namun kadang tidak sempat untuk mencucinya. Jika di sekitar mereka ada tempat cuci motor, maka mereka tidak perlu jauh-jauh hanya untuk membuat motor mereka kinclong kembali.

Kenapa harus cuci motor? Simpel, karena sebagin besar kendaraan yang dimiliki orang-orang di kampung adalah sepeda motor.

  1. 4. Ternak Lele

Bagi sebagian orang mungkin menganggap usaha ini adalah usaha yang sudah pasaran. Tapi perlu kamu ingat bahwa permintaan lele masih sangat tinggi, bahkan kebutuhan untuk dikirim ke luar negeri juga mulai terbuka.

Dengan potensi sebesar itu, maka ternak lele termasuk ke dalam alternatif bisnis yang cocok untuk di kampung. Untuk mendapatkan bisnis ikan lele ini juga terbilang cukup mudah.

Pemasarannya juga bisa dibilang cukup mudah. Kamu bisa menlisting jumlah pedagang pecel lele yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Pasti ada cukup banyak. Tak berhenti di situ, kamu juga bisa memasarkannya lewat warung-warung makan yang menyediakan menu lele. Pasti juga ada banyak sekali warung makan skala kecil atau besar yang tersebar di sekitar tempat tinggalmu.

  1. 5. Service Ponsel dan Elektronik Lainnya

Keberadaan ponsel pintar sudah semakin menjamur saja, namun tempat servisnya masih banyak yang terpusat di kota. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di kampung.

Dengan adanya service ponsel yang dekat dengan tempat tinggal mereka, maka ketika ponsel mereka mengalami kerusakan, mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota.

Peluang ini bisa semakin besar ketika kamu juga memiliki keahlian untuk memperbaiki barang-barang elektronik lainnya. Tidak hanya ponsel saja.

Demikianlah sejumlah alternatif bisnis yang cocok untuk di kampung atau pedesaan. Masih banyak alternatif bisnis lain yang juga bisa kamu pilih. Berpikirlah out of the box agar bisnis yang kamu rintis ini memiliki keunikan tersendiri agar bisa bertahan jangka panjang. Jangan terlalu banyak mikir, segera mulai saja, lalu barengi dengan evaluasi untuk melihat potensi jangka bisnis yang sedang kamu rintis ini.