Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jawaban 3 Tujuan Utama Belanda Mendirikan VOC di Indonesia

Ruang blog - Inilah jawaban 3 tujuan utama Belanda mendirikan VOC di Indonesia. Seperti yang kita ketahui belanda adalah negara yang terlama menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun.  Awal berdirinya VOC pada tahun 1603 M hanya sebagai organisasi Perdagangan namun seiring berjalannya waktu VOC membuat monopoli perdagangan yang menguasai sistem perdagangan di Indonesia. 


Pada saat itu VOC merupakan organisasi Perdagangan yang boleh memiliki tentara yang membantu VOC untuk bernegosiasi dengan negara lain. 

Nah berikut 3 tujuan utama Belanda mendirikan VOC :

Yang pertama adalah menghilangkan persaingan perdagangan yang akan menyebabkan kerugian bagi pedagang bangsa Belanda. 

Yang kedua adalah bekerja sama untuk menghadapi perdagangan bangsa Portugis dan para pedagang di Indonesia. 

Yang ketiga adalah mencari keuntungan yang banyak yang bertujuan untuk membiayai perang melawan Negara Spanyol dan Portugis. 

Itulah jawaban dari 4 tujuan utama bangsa Belanda mendirikan Organisasi Perdagangan yang disebut VOC yang bertujuan memonopoli dan menguasai sumber kekayaan alam seperti rempah-rempah di Asia diantaranya pada bangsa Indonesia. 

Menurut para ahli sejarah menjelaskan dari tujuan utama didirikannya kongsi dagang VOC yaitu menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menguasai pelabuhan menguasai kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia setelah mengusir bangsa Spanyol dan Portugis.