Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jawaban Apa Itu Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau

Ruang Blog - Fotosintesis adalah suatu proses biokimia dalam pembuatan atau pembentukan makanan yang terjadi pada daun oleh tumbuhan, terutama pada tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil dengan bantuan bantuan energi cahaya matahari.

Semua makhluk hidup tanpa terkecuali membutuhkan makanan untuk bertahan hidup mereka memiliki cara sendiri-sendiri dalam mendapatkan makanan. Manusia mendapatkan makanan dengan cara mengolah bahan pangan baik makanan daging berupa hewan atau tumbuhan berupa sayur-sayuran buah-buahan atau beras. Hewan mendapatkan makanan dengan cara bervariasi ada yang individu ada yang mendapatkan makanan secara berkelompok baik hewan pemakan daging begitu juga pada tumbuhan proses untuk mendapatkan makanan pada tumbuhan sendiri disebut dengan fotosintesis.

Cara tumbuhan menghasilkan makanan dengan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Dalam proses ini diperlukan yang namanya fotosintesis. Fotosintesis berasal dari kata foto yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan dengan kata lain fotosintesis merupakan proses penyusunan bahan organik karbohidrat dari H2O yang dihasilkan oleh udara dan CO2 dari air dengan bantuan energi cahaya.

Proses fotosintesis akan terjadi jika tumbuhan mempunyai klorofil, perlu kalian tahu klorofil adalah pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari lalu mengganti menjadi energi kimia yang terdapat pada zat hijau daun.

Berikut ini adalah proses fotosintesis

ProsesPertama 
Karbondioksida yang ada di udara masuk ke daun tumbuhan melalui stomata. Stomata sendiri adalah alat pernapasan tumbuhan seperti hidung pada manusia akan tetapi stoma atau stomata mengambil CO2 zat tidak berbau dan mengeluarkan O2 oksigen sementara pada manusia atau hewan hidung mengambil O2 oksigen dan mengeluarkan CO2 yaitu sampah dari hasil oksigen

Proses Kedua 
Air masuk ke daun melalui akar pada tumbuhan kemudian air yang masuk melalui akar tumbuhan disalurkan ke daun melalui batang. 

Proses Ketiga 
Sinar matahari yang menyinari permukaan pada daun dan klorofil akan menangkap energi dari cahaya tersebut. Klorofil adalah pigmen hijau yang terdapat di daun tumbuhan. Proses ini nantinya digunakan untuk mengubah air menjadi hidrogen dan oksigen hidrogen kemudian digabungkan dengan karbon dioksida untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan tersebut sedangkan oksigen dikeluarkan oleh tumbuhan melalui stomata hasil pembuangan dari proses fotosintesis adalah oksigen. Oksigen sangat kita butuhkan untuk bernafas untuk melangsungkan kehidupan selain oksigen. Selain itu glukosa yang terdapat pada tumbuhan berupa buah dan umbi-umbian juga menyediakan nutrisi yang bisa dikonsumsi manusia.