Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Menurut Hurlock Masa Kecil “Saat Ideal” Untuk Mempelajari Keterampilan Motorik

Ruang Blog - Dalam setiap periode usia ketrampilan anak akan bertambah, semakin anak berusia semakin terampil. Dari beberapa pendapat mengenai perkembangan motorik diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik merupakan peningkatan yang terjadi baik secara perlahan maupun pesat dalam keterampilan gerak pada diri anak.


Hurlock menyatakan bahwa masa kecil sering disebut dengan “saat ideal” untuk mempelajari keterampilan motorik dikarenakan berbagai alasan di antaranya sebagai berikut:

  1. Karena tubuh anak jauh lebih lentur dibandingkan dengan tubuh remaja apalagi orang dewasa, sehingga anak jauh lebih mudah menerima pelajaran.
  2. Anak belum banyak memiliki ketrampilan yang berbenturan dengan ketrampilan yang baru dipelajari, maka anak akan lebih mudah mempelajari ketrampilan.
  3. Secara keseluruhan anak lebih berani pada waktu kecil ketimbang setelah besar, hampir setiap anak mempunyai keinginan untuk mencoba tanpa harus membayangkan apa yang akan terjadinya pada saat setelahnya, maka mereka berani mencoba sesuatu yang baru.
  4. Apabila remaja dan orang dewasa merasa bosan dengan pengulangan  sebaliknya anak sangat menyukai sebuah pengulangan. Anak bersedia mengulangi suatu tindakan sampai berkali-kali sehingga pola otot terlatih melakukan secara efektif.
  5. Anak memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang lebih kecil ketimbang waktu yang akan mereka miliki dikemudian hari, maka mereka memiliki jauh lebih banyak untuk belajar menguasai ketrampilan ketimbang yang dimiliki remaja atau orang dewasa.
Dunia anak adalah dunia bermain sambil belajar, anak belajar melalui eksplorasi mereka sendiri dialam sekitar mereka, anak dapat belajar melalui rekaman perstiwa yang mereka lihat secara langsung. Jadi dapat dikatakan bahwa pada masa anak usia dini atau masa kanak kanak merupakan masa yang paling tepat untuk mempelajari keterampilan motorik dikarenakan pada masa tersebut anak masih memiliki ruang dan kesempatan yang luas untuk mempelajari ketrampilan-ketrampilan motorik jika
dibandingkan dengan usia-usia lain yang bahkan berada di atas usia kanak-kanak.