Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jawaban Tujuan Inggris Memblokade Batavia

Ruang Blog - Apa Tujuan Inggris Memblokade Batavia Tidak banyak netizen yang memahami sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Termasuk salah satunya sejarah kenapa Inggris memblokade Batavia. Informasi ini barangkali penting bagi para siswa, guru maupun orang tua untuk pembelajaran serta sebagai bahan evaluasi pemahaman terhadap materi sejarah bangsa Indonesia.

Untuk memahami apa tujuan Inggris memblokade Batavia serta apa yang menjadi tujuan-tujuan politis di dalamnya, kita harus kembali belajar sejarah pada tahun 1975. Kejadian apa yang terjadi waktu itu? Mari kita simak bersama.

Pada tahun 1975, Belanda diserang oleh Perancis dan berhasil dikuasai, karena ada beberapa pihak dari Belanda yang berkhianat serta membantu Perancis. Willem V yang merupakan raja Belanda saat itu, melarikan diri ke Inggris, lalu diamankan di Kota Kew, Inggris. 

Perancis sebagai negara yang berkuasa, lalu membentuk sebuah pemerintahan baru di Belanda yang diberi nama Republik Bataaf (1975-1811). Pemerintahan baru ini dipimpin langsung oleh saudara Napoleon Bonaparte, yaitu Louis Napoleon.

Tujuan politis Inggris memblokade Batavia tidak lain adalah dalam rangka mempersiapkan untuk menguasai beberapa daerah yang ada di Hindia seperti Padang pada tahun 1975, lalu Banda serta Ambon pada tahun 1976 yang merupakan jajahan Belanda agar tidak jatuh dalam kekuasaan Perancis. Tak berhenti di situ, Inggris juga menambah kekuatan armadanya untuk melancarkan blokade terhadap Batavia.

Hal ini tentu tidak membuat Prancis tinggal diam. Mendengar hal tersebut, pemerintah Perancis mengeluarkan kebijakan agar Republik Bataaf segera bergerak untuk memerangi Inggris. Dalam peperangan ini, Herman Willem Daendels yang merupakan salah satu tokoh revolusioner ditunjuk oleh pemerintah Perancis dalam rangka untuk mempertahankan Kepulauan Nusantara yang merupakan jajahan Belanda waktu itu.

Jadi, apabila disimpulkan menjadi beberapa poin untuk memudahkan kita memahami alasan kuat mengapa Inggris memblokade Batavia adalah sebagai berikut:

  1. Sebab sejak zaman dahulu, Batavia merupakan pusat negara. Jika pusat negara berhasil diblokade, maka negara tersebut akan lebih mudah dijajah oleh negara lain dikarenakan berhentinya fungsi dari pusat negara tersebut.

  2. Karena Batavia merupakan lokasi yang sangat strategis, yaitu menjadi tempat masuk dan juga keluar para pelaut. Selain itu juga merupakan tempat yang memiliki pengaruh besar di Pulau Jawa saat itu.

  3. Supaya Batavia tidak jatuh ke dalam kekuasaan Perancis setelah dikeluarkannya “Surat-surat Kew” dari Raja Willem van Oranje (Raja Willem V). Isi dari surat tersebut adalah agar penguasa di negeri jajahan Belanda menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada Inggris, bukan menyerahkan kepada Perancis.

  4. Untuk memperlemah kekuatan pasukan Belanda yang ketika itu berada di Pulau Jawa serta menggempur pasukan Belanda yang ada di sana.

Itulah pembahasan terkait upaya blokade Inggris terhadap Batavia serta dengan tujuan-tujuan politisnya. Semoga ringkasan ini bisa membantu pembaca untuk kembali memahami sejarah serta memudahkan untuk memahami para siswa dalam memahami materi pembelajaran.